Pariwara
Metro Kendari

Fenomena Supermoon, Nelayan Diminta Tak Melaut

Aris Yunatas

KENDARIPOS.CO.ID — 2 Januari lalu, fenomena Supermoon muncul. Fenomena bulan mendekati bumi dengan jarak sekira 356.565 kilometer. Supermoon berikutnya akan dapat dilihat kembali pada 30 hingga 31 Januari 2018 nanti yang menjadi penutup supermoon. Kepala Stasiun Klimatologi Ranomeeto BMKG Sultra, Aris Yunatas mengatakan dampak fenomena supermoon akan terjadi tingginya air pasang. Masyarakat pesisir pantai diimbau tetap waspada dan siaga terhadap peningkatan pasang air laut maksimum karena berpotensi terjadinya banjir rob (genangan air laut di daratan).

“Fenomena supermoon ini akan menyebabkan air pasang yang lebih tinggi dari purnama-purnama yang biasa. Jika didukung dengan angin yang tinggi, air pasang akan lebih besar sehingga bisa saja meluap. Kalau angin cukup besar, air pasang akan semakin tinggi karena akan ada gelombang. Selain itu, supermoon ini tidak akan berdampak lain. Bagi nelayan, kondisi ini perlu diwaspadai dan sebaiknya tak melaut,” ujar Aris Yunatas, Rabu (3/1). (kmr/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top