Pariwara
HEADLINE NEWS

Bahas Pj dan Plt Gubernur di Sultra, Kemendagri Panggil Karo Pemerintahan

Soni Soemarsono

KENDARIPOS.CO.ID — Jabatan AS Tamrin sebagai Wali Kota Baubau akan berakhir 30 Januari mendatang. Namun, hingga saat ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum menerima usulan calon penggantinya. Menghindari hal yang tidak diinginkan, lembaga yang dinakhodai Tjahjo Kumolo itu segera memanggi Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Pemprov Sultra.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Soni Soemarsono mengungkapkan, pihaknya sengaja memanggil Biro Pemerintahan supaya membahas secara khusus persoalan itu. “Awal pekan depan kita undang semua. Bukan hanya Karo Pemerintahan dari Sultra, tapi seluruh Indonesia. Agendanya khusus membahas Pj atau Plt gubernur, bupati dan wali kota,” kata Soni saat ditemui di kantornya, Rabu (3/1).

Kata Soni, sengaja mengundang mereka, karena hingga sekarang usulan Pj atau Plt belum masuk ke Kemendagri. “Kita ingin tanyakan seperti apa keadannya. Jika ada masalah kita pasti akan bantu. Tapi jangan sampai ada permainan. Pasalnya, kerap kali proses Pj ini juga bisa disusupi kepentingan politik,” jelasnya.

Khusus di Sultra, ada beberapa daerah yang kepala daerahnya akan dijabat oleh Pj atau Plt. Pasalnya, pilkada serentak akan diadakan pada 27 Juni 2018, dengan begitu akan ada kekosongan waktu sebelum kepala daerah baru terpilih. Seperti ditingkat provinsi, masa jabatan gubernur dan wakil Gubernur Sultra akan berakhir 18 Februari 2018, Baubau 30 Januari 2018, Konawe 17 Juni 2018 dan Kolaka 15 Januari 2019. Dengan demikian, beberapa daerah akan di jabat Pj seperti Sultra dan Baubau sedangkan daerah lain akan dijabat oleh Plh atau Plt.

Karo Pemerintahan Pemprov Sultra, La Ode Ali Akbar mengungkapkan, pihaknya memang belum mengusulkan calon Pj tersebut. “Kita masih menunggu hasil paripurna DPRD Baubau. Lagi pula akhir masa jabatannya masih 30 Januari 2018. Prinsipnya kalau sudah ada hasil paripurna pemberhentian dari DPRD, kita akan segera proses secepatnya,” imbuhnya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top