Pariwara
Nasional

Tiga Instansi Belum Umumkan Kelulusan Hasil Seleksi CPNS

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 31 ribu pelamar CPNS baru 2018 di Kementerian Pertahanan (Kemhan), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) harus bersabar. Pasalnya ketiga kementerian ini tercatat paling lambat dalam proses scoring atau penilaian. Bahkan sampai masuk 2018 hasil akhir seleksi belum diumumkan. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan ketiga instansi itu baru menyerahkan nilai hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) akhir Desember lalu. Bahkan ada yang baru masuk nilainya di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) pada 25 Desember 2017.

“Mungkin Minggu depan atau dua Minggu lagi ada pengumuman akhir (kelulusan CPNS, red),” katanya saat dihubungi kemarin (2/1). Ridwan menjelaskan dengan kondisi ini, maka pemberkasan nomor induk pegawai (NIP) dan penetapan tanggal mulai tugas (TMT) baru bisa diproses 1 Februari 2018. Padahal untuk instansi lainnya ada yang sudah bisa keluar NIP dan penetapan TMP Januari 2018 ini.

Ridwan mengatakan dari sisi pelamar, pasti tidak enak menunggu kelulusan terlalu lama. “Pasti nggak enak digantung begitu,” jelasnya. BKN berharap ke depan instansi yang mendapat kuota CPNS baru bisa lebih cepat dan tepat waktu memproses nilai ujiannya.

BKN tidak ingin proses SKD dan SKB yang berjalan transparan, jadi rusak karena ketidakpastian tanggal pengumuman kelulusan. Sebagaimana diketahui kuota CPNS Kemhan ada 50 kursi, sementara versi BKN jumlah pelamarnya mencapai 1.995 orang. Kemudian kuota Kementerian PUPR 1.000 orang (pelamar 16.715 orang), dan Kementerian ATR/BPN kuotanya 1.610 orang (pelamar 12.534 orang). Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Pertahanan (Karopeg Kemhan) Laksamana Pertama TNI Umar arief menyampaikan bahwa instansinya menyerahkan hasil seleksi CPNS Kemhan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Desember tahun lalu. ”Kira-kira dua minggu lalu lah. Sudah (diserahkan) sebelum ganti tahun,” ungkap dia kemarin (2/1).

Apabila dibandingkan dengan kementerian dan lembaga lain, Kemhan memang termasuk yang terlambat menyerahkan hasil seleksi CPNS. Namun, Umar menuturkan, itu terjadi bukan karena terkendala masalah. ”Nggak, nggak ada masalah,” imbuh jenderal TNI AL dengan satu bintang di pundak itu. Dia memastikan, proses seleksi CPNS yang dilaksanakan oleh instansinya sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Menurut Umar, dari total jumlah peserta mencapai 1.600 orang hanya 55 yang lulus seleksi CPNS Kemhan. Hasil seleksi sudah dirapatkan sejak awal Desember. Selanjutnya, data tersebut dilaporkan kepada Kemenpan dan RB. ”Sedang menunggu keputusan menpan untuk pengumuman kelulusan,” terang dia. Serupa dengan kementerian dan lembaga lainnya, dia pun berharap pengumuman segera dilakukan. ”Nggak enak juga kalau lama-lama,” tambahnya.

Mantan wakil komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) III Jakarta itu memastikan, instansinya juga terus memonitor perkembangan dari Kemenpan dan RB. Mereka juga sudah meminta agar informasi pengumuman hasil seleksi CPNS oleh Kemenpan RB turut diberitahukan kepada Kemhan. ”Paling nggak kami yang melaksanakan juga tahu,” imbuh Umar. Dengan begitu, mereka juga bisa ikut mengumumkan. (wan/syn/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top