Pariwara
Kolaka Utara

Sidak Puskesmas, Wabup Kolut Kecewa

H. Abbas

KENDARIPOS.CO.ID — Raut kekecewaan tak dapat disembunyikan Wakil Bupati (Wabup) Kolaka Utara (Kolut), H. Abbas saat memantau jalannya pelayanan pemerintahan pada hari pertama kerja, tahun 2018 ini. Ia melihat tiga Puskesmas yang nyaris kosong tanpa petugas medis, Selasa (2/1).

Tiga Puskesmas yang diinspeksi mendadak itu berada di Tiwu, Kodeoha dan Katoi. Sebagian besar paramedis yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) tak terlihat. “Untuk Puskesmas Tiwu dari 20 PNS hanya satu orang yang hadir dan satu lainnya izin cuti. Sudah jam 08.00 hanya satu orang. Saya tanya ke kepala Puskesmasnya, memang baru kali ini atau sering seperti ini setiap hari. Saya minta yang tidak hadir harus sampaikan alasannya,” ungkap Abbas, selasa (02/01).

Sementara di Puskesmas Katoi, diketahui ada 35 PNS. Namun empat orang mengajukan cuti, dua sakit, dua dinas luar dan 12 orang lainnya tanpa keterangan. Di Kodeoha juga lebih dari 20 orang PNS, namun yang hadir hanya 15. “Akhir-akhir ini memang banyak keluhan dari masyarakat terkait pelayanan. Jangan sampai memang karena dekat dengan kepala Puskesmas atau keluarganya, mereka kebiasaan seperti itu. Saya akan terus melakukan Sidak di semua tempat,” ancamnya.

Pasalnya, jika para petugas di Puskesmas itu sendiri tak disiplin, maka jangan berharap pelayanan juga bagus. Sejumlah catatan hasil Sidak sudah Abbas sampaikan ke Sekretaris Kabupaten, H. Iskandar. “Kami tegur. Kalau tidak bisa berubah, ya dibina. Bisa tak naik pangkat dan memungkinkan jika berlebihan, tidak diberi jabatan karena dipandang tak punya tanggung jawab,” tegasnya.

Tidak hanya Puskesmas, pelayanan di RS Djafar Harun belakangan ini juga dinilai banyak keluhan. Salah satunya kehadiran dokter yang kadang jelang siang baru muncul. Pasien juga harus menunggu lama, padahal datang dari jauh. “Kami ingin aparatur punya kedisiplinan dan bertanggung jawab terhadap profesinya. Karena kalau tidak ikhlas pasti pelayanan juga tak jelas. Terkecuali di Dinas Pendidikan termasuk di sekolah-sekolah, soal kedisiplinan itu lebih lumayan karena mungkin telah menjadi kebiasaan,” pungkas Abbas. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top