PT MBG Group Bangun Smelter di Konut – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

PT MBG Group Bangun Smelter di Konut

Bupati Konut Ruksamin (kelima dari kanan) memimpin langsung peletakan batu pertama pembangunan pabrik smelter PT Made By Good (MBG) Group di Desa Tapuemea, Kecamatan Molawe, Konut selasa (2/1). Turut hadir Direktur Jenderal Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian Arus Gunawan, Presiden Direktur PT MBG Group, DR Lim Dong Pyo dan Komisaris MBG Nikel Indonesia Mrs. Jang Jongsoo juga hadir. Foto: Helmin/kendari pos

KENDARIPOS.CO.ID — PT Made By Good (MBG) Group bakal membangun pabrik smelter di Konawe Utara (Konut). Peletakan batu pertama sudah dilakukan selasa (2/1), tepatnya di Desa Tapuemea, Kecamatan Molawe. Acara tersebut disaksikan langsung Direktur Jenderal Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian Arus Gunawan, Sekretaris Provinsi Sultra Lukman Abunawas, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Wakil Bupati Rauf dan sejumlah pejabat. Presiden Direktur PT MBG Group, DR Lim Dong Pyo dan Komisaris MBG Nikel Indonesia Mrs. Jang Jongsoo.

Bupati Konut Ruksamin mengharapkan masyarakat mendukung pembangunan smelter PT MBG tersebut. Sebab, banyak manfaat yang akan dirasakan, ketika nanti beroperasi.

“Kegiatan ini sudah direncanakan beberapa bulan lalu. Alhamdulillah bisa terwujud. Semua izin sudah dikeluarkan. Saya minta seluruh masyarakat Konut mendukung pendirian pabrik ini. Ini merupakan kado HUT ke-11 Konut yang kami persembahkan untuk warga Konut,” kata Ruksamin usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik smelter.

Lahan yang digunakan untuk pembangunan pabrik smelter direncanakan seluas 311 hektar. Namun rekomendasi izin yang baru diberikan baru seluas 111 hektar. Olehnya itu, sisa lahan yang belum mendapatkan izin akan diurus untuk mendapatkan legalitas selanjutnya.

“Pembangunan pabrik smelter ini direncanakan akan selesai diakhir tahun 2018. Insya Allah, pabrik ini akan menyerap ribuan tenaga kerja. Makanya kita akan siapkan sumber daya manusia dengan melakukan pertukaran pemuda dan pelajar yang akan di didik di Korea Selatan. Sehingga saat pabrik telah berdiri maka pelajar asal Konut yang telah belajar akan didatangkan untuk bekerja di pabrik smelter ini,” ungkap pasangan Raup itu.

Presiden Direktur PT MBG Group, DR Lim Dong Pyo merasa terharu dengan proses penyambutan yang dilakukan pemkab Konut. Rombongan yang dibawa oleh PT MBG di Konut sebanyak 196 orang. “Semoga dengan kehadiran pabrik pemurnian nikel ini akan menciptakan lapangan kerja di Konut,” ujar DR Lim Dong Pyo melalui translatenya.

Kehadiran pabrik pemurnian nikel di Konut, diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Serapan tenaga kerja hingga penekanan angka penggangguran.

Sekprov Sultra, Lukman Abunawas berharap, kehadiran pabrik smelter ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Konut secara khusus dan Sultra pada umumnya. “Ini merupakan rahmat dan nikmat dari Allah SWT,” ujar Lukman Abunawas. Direktur Jenderal Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan mengapresiasi langkah Pemkab Konut yang mampu menghadirkan investor di bumi Oheo Konut. Kehadiran pabrik smelter mampu memberikan dan menciptakan daya saing produk baik skala nasional maupun skala internasional.

“Ini merupakan industri hulu. Yang mana sangat diperlukan untuk indutri hilir di dalam negeri. Karena selama ini hanya sebatas impor sebagai substitusi. Kebutuhan nasional bisa tercukupi bila sampai puluhan juta ton dengan kehadiran pabrik smelter. Sehingga dengan peletakan batu pertama pendirian pabrik smelter bisa meningkatkan kemampuan industri nasional untuk memperkuat struktur industri,” terangnya.

Sebelum dilakukan peletakan batu pertama pendirian pabrik smelter, terlebih dahulu dilakukan proses adat mosehe (proses izin pada mahluk gaib), yang ditandai dengan penyembelihan satu ekor sapi. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top