Pariwara
Metro Kendari

Pekerjaan Al Alam Sudah 96 Persen, Fasilitas Masjid Dianggarkan Rp 5 Miliar

Pemprov Sultra mennyatakan pekerjaan proyek Masjid Al Alam sudah tuntas dan pemerintah menargetkan siap diresmikan pada Maret mendatang. Foto : LM. SYUHADA / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Masjid Al Alam segera tuntas. Tinggal menghitung hari mega proyek itu sudah bisa diserahterimakan ke pemerintah untuk selanjutnya diresmikan. Secara fisik pekerjaan sudah masuk tahap finishing. Bahkan progres pekerjaan tersisa 4 persen lagi. Rekanan kini fokus pada pembangunan 2 menara, sementara bangunan induk dan akses jalan sudah tuntas.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra, Pahri Yamsul mengatakan saat ini progres pekerjaan proyek itu sudah mencapai 96 persen. Bagi Pemprov Sultra, progres itu dikategorikan sudah selesai. “Sudah selesai. Kontraknya juga sudah selesai 30 Desember 2017, tapi aturannya rekanan berhak mendapat tambahan waktu dengan catatan mereka kena denda,” ujar Pahri Yamsul, Selasa (2/1).

Denda itu kata Pahri dihitung dengan rumus seper seribu dikalikan jumlah dana yang belum terserap per hari keterlambatan. “Tapi soal denda ini urusan kontraktor, yang penting masjidnya selesai,” ungkapnya. Selain gedung induk masjid, pekerjaan akses jalan masuk juga sudah tuntas. Jalan seluas 7 meter sudah dilapisi aspal mulus. Masyarakat mulai memanfaatkan kawasan itu sebagai lokasi swafoto dan bersantai di sore hari.

Soal agenda peresmian Masjid Al Alam dijadwalkan awal Maret mendatang. Dalam 2 bulan ke depan kata Pahri Yamsul, masjid akan dituntaskan dulu selanjutnya masuk pembersihan. “Sebenarnya sekarang pun sudah bisa dipakai, tapi setelah kita meeting kita tunggu biar rampung dan bersih dulu semua, makanya diupayakan pertengahan Februari atau awal Maret saja,” pungkas Pahri Yamsul. Pemprov Sultra juga sudah menyiapkan anggaran tambahan Rp 5 miliar dalam APBD 2018 guna melengkapi fasilitas dalam masjid. Semisal kelistrikan, pengeras suara dan berbagai fasilitas lainnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top