Dana Ristek Bukan untuk Studi Banding – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Dana Ristek Bukan untuk Studi Banding

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mewanti-wanti pimpinan perguruan tinggi untuk tidak menyalahgunakan anggaran penelitian. Menurutnya, jangan sampai anggaran riset untuk teknologi yang jumlahnya cekak justru digunakan untuk hal tak perlu.

“Saya baca proposal permintaan tambahan dana ristek. Di situ ada komponen untuk beli kulkas dan AC. Ya saya coret saja, karena dana ristek bukan untuk beli kulkas dan AC,” ujar Nasir saat mengunjungi Marine Science Techno Park (MSTP) Universitas Diponegoro (Undip) di Jepara, Jawa Tengah, pekan lalu.

Dia menegaskan, anggaran ristek tak semestinya digunakan untuk hal-hal yang tak memiliki nilai tambah. Dia juga menegaskan bahwa dana ristek bukan untuk studi banding.

“Kalau saya baca proposalnya ada usulan seperti itu pasti saya coret. Kalau pengin kulkas, AC, studi banding, pimpinan perguruan tinggi harus punya inovasi. Investasi yang pemerintah tanam harus ada nilai tambahnya,” beber mantan rektor Undip itu.

Dia memecinci, saat ini terdapat sembilan science techno park (STP) yang berada di bawah pengawasan Kemenristekdikti. Yakni STP Bengkulu, Riau, Palembang, Solo, Sragen, Jepara, Kaltara, Sumbawa dan Manokwari.

Nasir mengharapkan keberadaan STP itu benar-benar menjadi laboratorium yang mengarah pada sains, sekaligus menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat. Jika STP tak mengarah pada sains dan tak menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat berarti gagal. “Saya berharap STP Jepara ini sudah bisa berproduksi pada 2018,” tegasnya.(jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top