Pariwara
Metro Kendari

Urine Pilot dan Pramugari Diperiksa

Suasana tes urine di Bandara HO, demi keamanan dan keselamatan penumpang. BNNP Sultra, Ditresnarkoba Polda Sultra dan Bandara HO Kendari menggelar tes urine akhir pekan lalu untuk memastikan pilot, co-pilot dan awak kabin bebas dari pengaruh narkoba. Foto: Adwin Barakati/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Peredaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang (Narkoba) tidak hanya jadi konsumsi kalangan berduit. Narkoba kini merangsek masuk ke semua strata sosial. Para pilot pesawat pun sudah ada yang pernah ketahuan mengonsumsi narkoba. Akhir Desember 2017 lalu, dua pilot positif menggunakan narkoba. Satu pilot berkebangsaan Malaysia yang menginap di Batam dan satu orang pilot maskapai dalam negeri.

Tak ingin hal itu terjadi di Sultra, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sultra melakukan tes urine kepada juru mudi pesawat, para pramugari dan petugas lainnya di Bandara Halu Oleo (HO) Kendari, Minggu, 31 Desember 2017. Para pilot dan awak kabin maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air yang baru mendarat di Bandara HO Kendari langsung diarahkan menuju ruang pemeriksaan.

Jalannya tes urine dipantau langsung Kapolda Sultra, Brigjen Andap Budhi Revianto dan Kepala Bandara HO Kendari, Rudi Ricardo. Kepala BNNP Sultra, Brigjen Bambang Priyambadha mengatakan tes urine dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan para pilot dan juga pramugari. Beberapa kejadian yang terjadi di beberapa daerah, pesawat gagal berangkat, karena pilotnya dalam pengaruh narkoba. Tujuan tes urine ini untuk menghindari hal-hal yang tersebut.

Tes urine jugd dilakukan untuk memastikan bahwa pilot tidak mengonsumsi narkoba. “Ini juga masih berkaitan dengan operasi dalam rangka perayaan tahun baru 2018,” ujar Brigjen Bambang Priyambadha disela-sela pemeriksaan urine.

Sebelumnya, Kapolda Sultra, Brigjen Andap Budhi Revianto mengatakan pemeriksaan urine pilot dan para pramugari maupun pramugara dilakukan demi kenyamanan penumpang. Ini juga bagian dari operasi yang dilakukan Polri selama pengamanan perayaan tahun baru dan natal. Tak hanya di bandara, semua terminal yang ada di Kendari sudah dilakukan pemeriksaan. “Ini masih berkaitan dengan operasi lilin,” kata Brigjen Andap Budhi Revianto dalam sebuah kesempatan akhir pekan lalu.

Sementara itu, Kepala Bandara HO Kendari, Rudi Ricardo menyebutkan tes urine ini diikuti 28 orang termasuk pilot, co-pilot dan sebagian petugas bandara. Hasil tes urine yang dilakukan, tak satupun ditemukan yang mengonsumsi narkoba. Itu artinya, urine para pilot, co-pilot, pramugari dan petugas bandara bebas dari zat amfetamim. Tes urine yang digelar merupakan kerja sama pihak bandara HO Kendari, BNNP Sultra dan Ditresnarkoba Polda Sultra. “Petugas yang turun melakukan tes urine dari BNNP Sultra dan Ditresnarkoba Polda Sultra,” kata Rudi. (ade/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top