Pariwara
Metro Kendari

Peredaran Uang Palsu Menurun

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pengenalan masyarakat terhadap perbedaan uang asli dan tiruan bisa dibilang sudah semakin baik. Itu bisa diukur dari temuan Bank Indonesia terkait jumlah uang palsu yang beredar dimasyarakat selama kurun waktu dua tahun terakhir. Tercatat ada penurunan signifikan dari tahun 2016 ke 2017.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Minot Purwahono menyebutkan pada tahun 2016 lalu lembaran uang palsu yang beredar dimasyarakat berjumlah 2.276 lembar. Sementara di 2017 hanya sekira 1.141 lembar, berkurang 50 persen lebih. “Kita hanya bisa menyebut itu lembaran. Tidak ada istilah berapa juta atau miliar karena uang palsu itu tidak ada nilainya. Alhamdulillah, sudah sangat berkurang, meskipun harapan kita sebenarnya jangan ada uang palsu itu,” ujar Minot Purwahono, akhir pekan lalu.

Temuan peredaran uang palsu itu lanjut Minot Purwahono, paling banyak didapat oleh kepolisian atas bantuan laporan dari masyarakat dan juga razia aparat. Ditahun 2016, polisi menyita 1.900 lembar uang palsu siap edar dari oknum yang saat ini sudah ditindak. Sementara di 2017 polisi kembali menemukan 860 lembar uang palsu berbagai pecahan. “Sisanya itu masyarakat yang langsung bawa kami, dan setelah kita cek memang itu yang palsu,” tambahnya.

Menurunnya peredaran uang palsu itu menurut Minot Purwahono selain kinerja aparat pemerintah dan masyarakat yang terus ditingkatkan dalam hal pengawasannya, pola dan tingkat keamanan dalam lembaran uang yang diproduksi 2016 lebih baik. Sehingga oknum sulit membuat tiruannya. “Yang beredar 2017 itu rata-rata uang yang dikeluarkan 2016, dan itu tingkat keamanannya tinggi. Jadi agak susah kalau mau bikin yang mirip sama,” tambahnya.

Sosialisasi pada masyarakat terkait perbedaan uang asli dan palsu itu juga terus ditingkatkan oleh BI. Minimal ciri-ciri dasar uang asli melalui tiga metode dilihat, diraba dan diterawang itu sudah dipahami benar oleh masyarakat. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top