Pariwara
Metro Kendari

Calon Sekda Diserahkan ke Bupati

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Mereka yang berkompetisi membidik kursi sekretaris daerah untuk Kabupaten Buton dan Kota Baubau saat boleh jadi sudah merasa galau. Pasalnya, tahap seleksi mulai dari wawancara, penyusunan makalah hingga asesmen sudah dilewati.

Kini, nasib mereka tingga menunggu restu dari bupati atau wali kota. Sebab, selaku user (pengguna), kepala daerah akan memilih satu dari tiga nama yang diserahkan panitia seleksi (Pansel) itu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, Nur Endang Abbas yang juga bertindak selaku sekretaris pansel calon sekda dua daerah itu mengatakan tugas mereka sebagai pansel sudah selesai. Bupati Buton, dan Wali Kota Baubau sudah menerima masing-masing tiga nama untuk calon “jenderal” PNS mereka. “Kalau untuk sekda di daerah itu sudah selesai asesmennya. Penilain sudah diberikan, dari urutan satu sampai tiga. Siapa yang dipilih itu sudah hak prerogatif kepala daerahnya masing-masing,” ujar Nur Endang Abbas, akhir pekan lalu.

Meski begitu, setelah memilih, calon sekda tak lantas dilantik. Bupati atau wali kota masih harus meminta “lampu hijau” dari Gubernur Sultra. “Setelah dipilih, minta rekomendasi dulu kepada gubernur. Setelah disetujui, sekdanya bisa dilantik,” tukas Nur Endang Abbas.

Soal kapan diajukan kembali ke gubernur dan kapan pelantikan, itu juga menjadi kewenangan pemda setempat. Penyerahan nama calon sekda itu juga dibenarkan Ketua Panitia Seleksi (Pansel), Lukman Abunawas. Sekretaris Daerah Provinsi Sultra itu memastikan nama-nama yang diajukan oleh tim seleksi adalah mereka yang terbaik dari semua calon yang mendaftar. “Kita punya kewenangan hanya memberikan tiga besar itu, nanti bupati atau wali kotanya yang pilih mana yang dianggap paling tepat untuk menduduki kursi jabatan dimaksud,” jelasnya.
Sayangnya, baik Endang maupun Lukman Abunawas enggan menyebut siapa saja yang lolos seleksi itu. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top