Bursa Inovasi Desa di Konsel Diluncurkan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Selatan

Bursa Inovasi Desa di Konsel Diluncurkan

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kiri) dalam acara launching bursa inovasi desa, jumat (29/12). Foto: Kamaluddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Peningkatan perekonomian masyarakat melalui potensi desa, sedang dimaksimalkan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar kegiatan launching bursa inovasi desa di Gedung Olahraga Konsel, jumat (29.12). Kegiatan itu dibuka langsung Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga dan dihadiri masyarakat serta kepala desa.

Bupati Konsel memaparkan, kegiatan bursa inovasi desa tersebut dilakukan dalam rangka memajukan daerah. “Sebagai pimpinan daerah kita mulai mendorong setiap desa berdasarkan undang-undang untuk menetapkan potensi dan unggulan masing-masing,” papar Surunuddin.

Kegiatan itu nantinya menjadi gambaran dari rangkaian program dalam pemanfaatan dana desa. “Sekarang kita harus sadar, kenapa dulu saya canangkan Desa Maju. Karena ini sesuai program Nawacita Presiden. Sehingga hari ini kita adakan bursa atau lelang inovasi. Ini dapat memberikan pemahaman pada kita semua. Jadi sebelum kita pergi melihat desa lain, perlu kita benahi desa kita,” terangnya.

Mantan legislator Sultra ini menekankan, pada 2018 nanti sasaran utama Pemkab adalah peningkatan ekonomi masyarakat di masing-masing desa melalui potensi unggulan. “Tentunya pemanfaatan dana desa itu 30 persen adalah fokus pada usaha.

Saya tidak mau dengar lagi Kades jadi kontraktor. Tetapi berdayakan masyarakat kita supaya menambah penghasilan ekonomi masyarakat.
Kegiatan ini harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan bisa jadi ajang diskusi baik antara pemerintah, pendamping desa dan masyarakat,” pinta bupati.

Di tempat yang sama, Kepala DPMD Konsel, I Putu Darta, mengatakan, program ini merupakan strategi untuk menonjolkan potensi unggulan tiap desa. “Dalam kegiatan ini kami menampilkan seluruh inovasi di pedesaan. Sehingga sejumlah desa yang hadir tinggal melihat potensi apa yang cocok di wilayahnya. Kami berharap kegiatan ini menjadi wadah untuk menetapkan unggulan yang dimiliki desa itu sendiri,” tandasnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top