Pariwara
Kolaka Utara

Wabup Kolut Minta Setiap Desa Berinovasi

KENDARIPOS.CO.ID — Teritorial Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengandung sumber daya alam melimpah. Karena itu, Wakil Bupati Kolaka Utara (Kolut), H. Abbas meminta setiap desa memanfaatkan potensi daerahnya masing-masing yang bisa mendorong perekonomian daerah dan masyarakat.

“Bila sumber daya alam yang ada di 127 desa di Kolut dikelola dengan baik, pastinya akan mendorong pendapatan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saat ini, saya melihat masih minimnya sebuah inovasi yang mampu menonjol di desa-desa,” kata Abbas, kamis (28/12).

Katanya, memang untuk mewujudkan itu, dibutuhkan kerja cerdas, inovasi tanpa batas serta kecekatan dalam menggali potensi sumber daya alam. Lalu, menjadikan itu sebagai identitas yang menonjolkan daerahnya masing-masing. Namun itu, semua dikembalikan kepada kepala desa dan perangkatnya, pendamping serta instansi pemerintah. Apakah mereka mampu mengelolah dan memanfaatkan potensi sumber daya di daerahnya masing-masing.

Katanya, persoalan penggunaan Dana Desa (DD) tidak melulu soal peningkatan sarana semata karena hal itu hampir berjalan dengan baik di semua wilayah. Tetapi, bagaimana sebuah desa juga unggul dari aspek sosial-ekonomi dan lainnya yang setiap desa punya geliat tersendiri yang mendongkrak pendapatan dan taraf hidup kesejahteraan masyarakatnya.

“2018 mendatang saya harap Kolut mulai bermunculan inovasi-inovasi baru di setiap desa. Kita banyak potensi sumber daya alam baik di laut, darat sampai ke pegunungan. Semua harus bersatu bersama masyarakat membangun desa yang mandiri dan sejahtera,” harapnya.

Kolut memang dipandang mampu mengelolah DD dengan baik dibanding daerah lain. Namun, ia berharap hal tersebut tidak membuat puas. Karena pemerintah mesti merealisasikan program masyarakat madani, di mana kesejahteraan rakyat bisa terwujud melalui inovasi menggali potensi wilayah. (rus/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top