Pariwara
Kesehatan

Resiko Bila Ibu Hamil Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Wanita yang sedang hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman beralkohol. Ternyata tak hanya itu saja. Sebuah penelitian baru mengungkapkan, bahwa selain minuman beralkohol, ibu hamil juga sebaiknya menghindari minuman bersoda karena bisa menyebabkan masalah kesehatan pada anak di kemudian hari.

Studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School ini menemukan fakta bahwa ibu hamil yang dalam sehari rata-rata minum dua minuman bersoda dengan kandungan gula, memiliki 63 persen kemungkinan bahwa anaknya nanti akan menderita asma saat 7-9 tahun.

“Kini kami makin paham bahwa segala proses yang membuat anak berpotensi menderita asma dan obesitas dimulai saat mereka masih dalam kandungan,” kata Rosalind Wright, profesor pediatri di Icahn School of Medicine kepada Medline Plus, seperti dikutip MSN.

“Temuan ini mungkin dapat memberi petunjuk mengenai perkembangan asma yang dapat dimulai ketika anak-anak masih berada di dalam kandungan, dan bagaimana kita bisa mengintervensi untuk dapat memberikan anak-anak kehidupan yang sehat sejak awal,”lanjutnya.

Para peneliti dalam studi tersebut mengungkapkan bahwa kaitan antara konsumsi soda dan kemungkinan anak akan menderita asma ini dikarenakan efek inflamasi fruktosa (gula buah, yang sering kali ditambahkan ke berbagai minuman bersoda atau minuman rasa manis lainnya) pada paru-paru anak.

Penelitian ini juga menguji efek mengonsumsi jus buah karena mengandung fruktosa secara alami, namun tidak ditemukan bukti-bukti efek samping apapun.

Kemungkinan besar karena jus buah juga mengandung vitamin dan faktor-faktor antiinflamasi lain.

Untuk penelitian ini, tim menganalisis data dari 1.068 pasangan ibu-anak. Para ibu ditanya tentang jumlah minuman yang mereka konsumsi setiap hari, termasuk minuman manis dengan gula tambahan dan jus buah.

Hasilnya, satu dari lima anak yang lahir dari ibu yang gemar minum minuman manis memiliki gejala-gejala atau berkembangnya asma.

Meski begitu, hasil penelitian ini tidak membuktikan bahwa minuman manis secara pasti menyebabkan asma, melainkan hanya sebatas korelasi.

Meski begitu, menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi ketika sedang hamil sangat penting, khususnya saat kehamilan menginjak usia 1-3 bulan.

Karena pada usia ini, janin baru mulai tumbuh dan berkembang. Dengan mengetahui pantangan ini diharapkan Anda yang sedang hamil bisa lebih bijak dalam memilih minuman, salah satunya dengan menghindari minuman bersoda, sehingga kesehatan Anda maupun janin tetap terjaga.(RN/ RVS/klikdokter)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top