Pariwara
Metro Kendari

Promosi Pariwisata Sultra akan Digenjot

Pulau Bokori. Salah satu obyek wisata di Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Ragam budaya dan destinasi wisata Sultra belum sepenuhnya dieksplorasi oleh daerah. Selain karena masih minim fasilitas dan infrastruktur penunjang, even-even budaya dan pariwisata juga belum terjadwal dengan baik. Sehingga pelaksanaannya masih sukses di tataran daerah saja. Tahun ini, Sultra hanya menggaung dengan acara Hallo Sultra dan Wakatobi Wave saja. Padahal ada banyak even besar yang terselenggara diberbagai kabupaten dan kota. Salah satu kendalanya adalah promosi yang belum maksimal.

Demi promosi yang lebih maksimal, Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra tidak hanya menyasar wisatawan lokal tetapi juga mancanegara. Untuk itu, pemerintah kabupaten dan kota diminta untuk menyerahkan rencana kegiatan pariwisatanya selama 1 tahun ke depan. Selanjutnya, Dispar akan menyusun kalender tahunan pariwisata Sultra. “Kalau sudah tersusun agenda kita maka bisa dilaunching, diperkenalkan ke wisatawan dimana saja,” jelas Syahrudin Nurdin, Kepala Dinas Pariwisata Sultra kamis (29.12).

Untuk menyusun kalender tahunan itu kata dia, harus terkoneksi dengan semua daerah, agar tidak ada agenda yang bertepatan atau terlalu berdekatan jadwalnya. “Dari Januari sampai Desember itu apa saja, maksimal ada 12 even besar, karena nantinya saya juga akan persentasekan itu di kementerian,” ujar Syahrudin Nurdin.

Lebih lanjut dia mengungkapkan setiap usulan daerah sudah harus dipastikan sebagai agenda yang sudah disetujui pemerintahnya masing-masing. “Kabupaten dan kota harus punya komitmen, jangan ada alasan penganggaran, dan segala macam lagi. Ini akan kita jual ke luar. Nanti kalau kalendernya sudah jadi malah evennya yang tidak ada, itu akan lebih fatal lagi,” tambahnya.

Untuk even pertama, tahun depan sudah terjadwal festival Kalosara yang akan berlangsung di Konawe Utara. “Ini adalah momentum datangnya wisatawan asing pertama di 2018. Ada sekira 200 orang dari Korea yang sudah carter pesawat mau datang dan itu sudah pasti,” tandasnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top