Pariwara
Muna Barat

Mubar Kembangkan Sektor Pariwisata

KENDARIPOS.CO.ID — Sektor pariwisata di Kabupaten Muna Barat (Mubar) mulai mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat. Daerah otorita LM Rajiun Tumada itu akan mengembangkan sektor itu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Pariwisata bisa menjadi urat nadi pertumbuhan ekonomi daerah, karena itu harus dikembangkan. Namun untuk meningkatkan budaya kearifan lokal perlu membangun komunikasi secara bersama sama. Karena tidak bisa hanya dipikirkan Dinas Pariwisata, tapi juga harus seluruh SKPD. Karena di sana kita butuh bangunan dan kebutuhan lainnya,” kata Wakil Bupati Muna Barat, Achmad Lamani dalam seminar rencana induk pengembangan pariwisata daerah (RIPPDA), Kamis (28/12) bertempat di aula Pemkab Mubar.

Olehnya itu, ia meminta semua pihak memikirkan cara mengembangkan budaya kearifan lokal yang bisa menjadi sumber ekonomi daerah. Paling tidak bisa menarik wisatawan. Menurutnya, untuk mewujudkannya perlu adanya promosi. Karena pariwisata tidak bisa dikenal begitu saja tanpa adanya promosi. “Misalnya, Pulau Indo yang saat ini sudah dikenal masyarakat umum. Bahkan puluhan pulau lainnya yang ada di Mubar sebagai penopang untuk meningkatkan perekonomian di Mubar,”ungkapnya.

Pertemuan ini, kata dia bukan hanya sekadar untuk berkumpul tapi ajang dikusi yang bisa bermanfaat buat daerah. Daerah ini kalau dikembangkan dengan baik, maka akan menjadi daya tarik tersendiri. Menurunya, apa yang ada di Wakatobi, tidak jauh berbeda dengan Mubar. Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk membangun wisata daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Muba Barat, Abdul Nasir Kola mengatakan, penyusunan RIPPDA sebagai dokumen rencana induk yang menyeluruh dan memiliki kepastian hukum tentang perencanaan pengembangan pariwisata Kabupaten Mubar. Tujuannya, terselenggaranya pemanfaatan ruang wilayah kabupaten yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan sesuai dengan daya dukung serta arah kebijakan pembangunan.

Katanya, pihaknya menyusun arah kebijakan dalam pembangunan sektor kepariwisataan. Menyusun strategi pengembangan potensi pariwisata yang meliputi daya tarik wisata, usaha sarana wisata, usaha jasa wisata dan usaha lain sebagai pendukung pariwisata. “Inilah semua yang menjadi dasar pembangunan pariwisata di Mubar,”tutupnya. (yaf/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top