Mahasiswa Jurusan Kehutanan Praktik Persemian – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Mahasiswa Jurusan Kehutanan Praktik Persemian

Jurusan Kehutanan UHO for Kendari Pos
Foto bersama mahasiswa dan dosen saat praktek mata kuliah silvikultur Jurusan Kehutanan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO di Persemaian dan Rumah Kaca Jurusan Kehutanan, Kampus Lama UHO.

KENDARIPOS.CO.ID — Tak sekadar teori, mahasiswa pun dituntut untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam rangka memahami apa yang menjadi obyek ajar. Hal ini pula yang dilakukan mahasiswa Jurusan Kehutanan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO. Setiap perkuliahan pasti dirangkai dengan praktik lapangan, dan mendukung kegiatan tersebut, jurusan ini pun menyediakan lokasi persemaian.

Pengelola Persemaian Jurusan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Hj. Husna, mengungkap bahwa sarana dan prasarana menjadi salah satu pendukung kualitas pendidikan. Kehadiran Persemaian tentu sangat membantu mahasiswa khususnya Jurusan Ilmu Kehutanan yang akan melakukan proses belajar.

Dijelaskan bahwa persemaian merupakan tempat yang digunakan untuk memproduksi bibit satu atau beberapa jenis tanaman kehutanan yang siap ditanam untuk periode kegiatan penanaman tertentu dengan jumlah dan kualitas yang memadai. Persemaian umumnya terbagi dua yakni persemaian permanen (tetap) dan sementara (satelit). Kedua persemaian tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Agar fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik perlu didukung oleh unsur manajemen (man, money, material, market dan minute) dan fungsi manajemen (planning, organizing, actuating dan controling) dari kombinasi tersebut dapat segera ditentukan Sumber Daya Manusia, organisasi pengelola, pembiayaan, waktu, konsumen dan jenis-jenis bibit

Selain produksi bibit, lanjut dia, persemaian juga berfungsi sebagai tempat wisata dan penyuluhan, pendidikan dan pelatihan kehutanan (Diklathut) serta penelitian dan pengembangan (Litbang). Dalam konteks pendidikan dan penelitian dilingkup perguruan tinggi, persemaian menjadi sangat penting sebagai sarana pembelajaran efektif. Umumnya setiap Jurusan atau Fakultas Kehutanan memiliki persemaian. Dengan demikian, keberadaan persemaian sangat dibutuhkan untuk mendukung proses belajar mengajar di lingkup jurusan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO.

Persemaian Jurusan Kehutanan memiliki luas 19,4 m x 18,4 m (356,96 m2) atau 0,036 ha. Lokasinya di komplek kampus lama UHO Blok D/9 Kemaraya, tepatnya di belakang rumah Prof. Dr. Husna, MP. Adapun fasilitas persemaian, diantaranya gGreenhouse (rumah plastik) seluas 7 m x 11 m dijadikan sebagai tempat penelitian mahasiswa dan dosen. Fokus penelitian perbanyakan tanaman (perbenihan dan vegetatif) serta diversitas, perbanyakan dan aplikasi fungi mikoriza.

“Kegiatan di persemaian, ada praktikum, dan penelitian serta penyuluhan. Praktikum, kegiatan praktik mata kuliah yang mendukung teori yang disampaikan di ruang kelas. Mata kuliah berpraktik yang umum melaksanakan praktikum di persemaian diantaranya Silvika, Silvikultur, Perlindungan Hutan, Metode Penelitian, Ilmu dan Teknologi Benih Tanaman Hutan, Aplikasi Bioteknologi Pupuk Hayati, Silvikultur Hutan Tanaman,” terang Prof Husna.

Adapun terkait penelitian yang dilakukan di persemaian adalah penelitian keragaman, perbanyakan dan inokulasi FMA (13 mahasiswa), perbenihan tanaman hutan (3 mahasiswa), stek pucuk (2 mahasiswa), produksi bibit (6 mahasiswa). Selain mahasiswa, greenhouse juga digunakan untuk penelitian-penelitian yang didanai oleh Kementerian Ristekdikti tahun 2015-2017.

Salah satu tim dosen Jurusan Kehutanan, Dr. Danu Tuheteru, menambahkan persemaian Jurusan Kehutanan memiliki koleksi jenis pohon komersial, jenis lokal dan endemic serta jenis terancam punah. Jenis-jenis tersebut diperoleh dari hasil praktikum dan penelitian. Bibit yang diproduksi di persemaian selanjutnya dimanfaatkan untuk kegiatan penanaman baik dilakukan sekitar kampus lama dan beberapa wilayah diluar kampus atau bibit dijual berdasarkan permintaan. (lia)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top