Pariwara
Bau-bau

AS Tamrin Dukung Pembangunan Tol Laut di Baubau

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan tol laut di Kota Baubau yang dicanangkan Presiden Jokowi akan direalisasikan. Karena itu, pemerintah setempat akan membangun infrastruktur pendukung lebih dulu, seperti Pelabuhan Peti Kemas. Wali Kota Baubau, AS Tamrin mengatakan Baubau sudah diputuskan sebagai salah satu kota yang akan lalaui rute tol laut. Namun kalau tidak didukung dengan infrastruktur yang memadai, maka program pembangunan tol laut tidak akan terwujud.

Karena itu, ia berencana membangun Pelabuhan Peti Kemas, sebagai tempat penyimpanan atau bongkar muat kontainer. Soal infrastruktur jalan saat ini, kata dia insyaAllah kondisi jalan di Baubau terus dibenahi dan cukup baik. “Belum lama ini seluruh kepala daerah dipanggil hadir dalam rapat bersama pemerintah pusat. Fokus pembahasanya adalah berkaitan dengan respon masyarakat terhadap rencana pembangunan tol laut yang dicanangkan Presiden Jokowi,” kata ketua Percasi Sultra itu saat ditemui di Rumah Jabatanya (Rujab).

Menurutnya, pada prinsipnya kota pemilik benteng terluas di dunia itu, telah layak dan siap untuk menjadi daerah yang dilalui tol laut. Semua itu terlihat dari kesigapan pemerintah dalam menyikapi proyek pembangunan tol laut tersebut. “Dari awal kita suda menyiapkan diri untuk mewujudkan pembangunan tol laut. Kita telah siapkan lahan untuk pembangunan Pelabuhan Peti Kemas di daerah Lakologou. Kita sisa menunggu kelonggaran keuangan negara untuk memberika bantuan dana. Karena proposalnya telah kita ajukan ke Kemetrian Perhubungan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pembangunan tol laut akan memberi dampak positif bagi kemajuan ekonomi masyarakat Kota Baubau. Karena dengan adanya tol laut, maka secara otomatis, mobilisasi barang yang masuk dan keluar Baubau akan semkin lancar. Sehingga bisa memacu peningkatan jual beli masyarakat. “Jual beli meningkat, maka perputaran uang juga menjadi lancar. Sehingga kondisi ekonomi masyarakat akan hidup,” katanya.

Selain itu, katanya masyarakat Buton yang ada di luar daerah bisa lebih mudah untuk mendapatkan akses trasportasi untuk mudik kekampung halaman. Karena jika tol laut telah dibangun, maka kapal-kapal lintas provinsi dalam negeri akan lebih banyak singgah dan berlabuh di Baubau,” tutup Ketua DPD PAN Baubau itu. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top