Pariwara
Buton

30 Persen DD Buton Dikelola Padat Karya

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Buton berupaya penggunaan Dana Desa (DD) memberi dampak signifikan bagi masyarakat. Sebesar 30 persen dari DD mesti dikelola secara padat karya sehingga memantik pertumbuhan ekonomi penduduk desa. Pengelolaanya harus menyentuh sektor produktif dan bersifat memberdayakan masyarakat.

Plt Bupati Buton, La Bakry menekankan pengelolaan DD harus dapat memberi dampak langsung terhadap masyarakat. Pemerintah Desa harus mengelolanya dengan sistem padat karya. Hal itu dimaksudkan agar DD dapat berputar pada masyarakat.

Ia mengimbau agar 30 persen anggaran DD dikelola melalui padat karya. Karena nominal itu, ia anggap sudah cukup untuk memberdayakan masyarakat. Khusus di Buton, 83 desa menerima kurang lebih Rp 600 hingga Rp 800 juta setiap desa. “Berarti bisa Rp 200 juta yang wajib diputar dalam desa. Sisanya kan mesti beli bahan atau kegiatan lain. Sebesar 30 persen itu akan lewat gaji pekerja proyek desa,” bebernya.

Padat karya sendiri merupakan sistem pengerjaan proyek DD yang dilakukan sendiri oleh masyarakat lokal. Kebijkan itu memang sudah sesuai instruksi Presiden RI, Joko Widodo. Untuk di Buton, kucuran DD diatas Rp 46 miliar dibagi dalam dua tahap. Desember ini seluruh desa menerima kuncuran tahap II. “Bayangkan kalau 30 persen dari Rp 46 miliar itu khusus untuk warga desa, tentu bisa mendorong kesejahteraan mereka,” kata La Bakry, optimis.

Ketua PAN Buton itu menyebutkan, seluruh proyek desa memang dianjurkan padat karya. Apalagi, menurutnya proyek desa nilainya tidak lebih Rp200 juta sehingga tidak harus sistem lelang. “Prinsipnya DD itu dikelola swadaya sebenarnya. Makanya Pemrintah Desa harus kreatif dalam hal ini,” pungkasnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top