Pariwara
Hukum & Kriminal

Rusak Mobil dan Rumah di Konut, Pelaku Masuk Sel

Pelaku perusakan mobil dan rumah di Konawe Utara diamankan polisi. Kini mereka mendekam dibalik sel tahanan untuk menjalani proses hukum. Foto: Helson Mandala Putra/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — 3 dari 4 empat pelaku perusakan rumah dan mobil di Konawe Utara ditangkap polisi. Mirsad (20), Isra (20), dan AB (16) kini mendekam dibalik sel tahanan setelah diamankan unit Reskrim Polsek Sawa. Mereka harus bertanggungjawab atas kerusakan mobil yang melintas, hingga menimbulkan kerugian belasan juta rupiah.

Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar melalui Kasat Reskrim Iptu Rachmat Zam Zam menjelaskan kronologis kejadian tersebut. Pemilik mobil bernama Roma (29) melintas di kawasan Desa Pakujaya dari arah Kendari. Tepat dijalan yang sedang diperbaiki, Roma berpapasan dengan para pelaku yang mengendarai sepeda motor. Roma mengalah lalu menepi sekaligus meminta pelaku untuk melintas lebih dulu. Roma meminta pelaku maju lebih dulu, sebab kondisi jalan di tempat tersebut dalam perbaikan.

“Pelaku maju dan berhenti disamping Roma dan berkata kalau mau maju, maju saja, dengan nada tinggi. Suasana sempat memanas, namun Roma meminta sopir untuk maju saja, dan mereka melanjutkan perjalanan. Sampai di Desa Tundowatu, Roma kembali dihadang dengan menggunakan kayu, tetapi tidak berhenti dan menyuruh supir untuk terus jalan,” terang Iptu Rachmat Zam Zam, Rabu (27/12).

Bukannya berhenti, para pelaku justru mengejar sampai di rumah mertua Roma. Di sana, pelaku mendobrak pintu rumah hingga rusak. Saat pintu terbuka, pelaku merusak motor yang terparkir di dalam rumah. “Pada saat bersamaan, pelaku lain memecahkan lampu mobil Roma. Korban kerugian sekira Rp 15 juta,” jelas pengganti Iptu Ismail Pali ini.

Setelah memeriksa saksi dan mengumpulkan barang bukti berupa minibus jenis Avanza yang dirusak, maka Reskrim Polsek Sawa mengajukan surat perintah penangkapan terhadap pelaku. “Mereka bisa dijerat pasal 406 KUHP, karena merusak barang orang lain dengan sengaja, ancaman hukuman penjara paling lama 2 tahun 8 bulan,” pungkas mantan Kapolsek Tinanggea itu. (hel/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top