Pariwara
Muna

Rumah Adat Muna Diresmikan

FOTO/MUHAMMAD ERY/ KENDARI POS
Para pekerja merampungkan proyek pembangunan Rumah Adat Muna yang akan diresmikan hari ini (Kamis, red).

KENDARIPOS.CO.ID — Proses pembangunan tiga unit Rumah Adat Muna segera rampung. Proyek yang menelan anggaran diatas Rp 5 miliar itu, rencananya akan diresmikan, hari ini (Kamis, red). Kepala Dinas Pekerjaan Umum Muna, H. La Ode Bou menuturkan penegerjaan Rumah Adat berbahan kayu jati sudah memasuki tahap finishing. Ia optimis pengerjaan akan selesai tepat waktu. “Lagipula saat ini tinggal beberapa bagian saja yang diselesaikan, semisal penataan halaman dan semacamnya,” beber La Ode Bou saat ditemui di lokasi proyek, rabu (27/12).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Muhammad Aswan Kuasa mengatakan bahan kayu jati yang digunakan sebagai gapura masuk dalam kontrak. Termasuk, penataan halaman serta penggunaan paving block. “Tidak jadi masalah kayunya. Karna tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Penggunaan jati sebagai simbol bahwa Muna pernah jaya dengan jatinya,” katanya.

Pria yang karib disapa Aswan itu menjelaskan pembangunan tiga unit rumah tersebut mestinya tuntas sejak 15 Desember. Karena tak rampung sesuai waktu dalam kontrak, maka pihak rekanan diberikan tambahan waktu sampai 28 Desember. Dengan syarat, rekanan harus membayar denda sebesar 1/1.000 perharinya dari sisa nilai kontrak. “Kalau untuk tahap II, tahun 2018 ada lagi penambahan empat unit rumah perdana menteri dan satu unit rumah raja, ” kata Kapala Bidang Cipta Karya Dinas PU Muna ini. Ia menambahkan, tak tepatnya waktu perampungan rumah adat karena kesulitan memperoleh tiang kayu jati.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Muna Amiruddin Ako membenarkan persemian rumah adat akan dilaksanakan, Kamis (28/12) oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba. Persiapannya sudah mencapai 95 persen. Kemungkinan akan dihadiri tiga ribu orang.

Rumah Adat Muna nanti bakal menjadi pusat kebudayaan sekaligus museum. Kegiatan seni budaya yang memiliki ikatan dengan budaya Muna dipusatkan di rumah adat ini. (ery/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top