Pariwara
Kolaka Timur

Mentan: Bulog Koltim Harus Beli Jagung Lokal

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Pertanian (Metan) H. Amran Sulaiman menyambangi Kolaka Timur, rabu (27/12). Ia memantau harga jagung di daerah tersebut, mengingat harga jagung mengalami penurunan. Katanya, saat ini harga jagung turun 25 persen atau dari harga normal Rp 3. 150 perkilogram, turun menjadi harga Rp 2.500 perkilogram.

Olehnya itu, ia mengimbau Perum Bulog harus membeli jagung sesuai dengan standar nasional yakni harga Rp 3.150 perkilogramnya. “Pihak Bulog harus membeli jagung sesuai dengan harga standar pemerintah, tidak boleh ada alasan, harga jagung harus Rp. 3.150 perkilogram,” tegasnya.

Amran didampingi Aster Kasad Mayjen TNI Supartodi tiba di Koltim sekira pukul 09.20 Wita dengan mengunakan helikopter milik Polda Sultra dari bandara Sangia Nibandera Kabupaten Kolaka. Kedatangan Amran disambut Plt Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) , H. Saleh Lasata, Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah, Wakil Bupati Koltim H. Andi Merya Nur termasuk unsur Muspida.

Ia membawa bantuan pertanian berupa bibit kakao, lada, jagung dan padi dan alat mesin pertanian. Mentan juga melakukan panen raya jagung, panen lada dan penanaman lada secara simbolis. “Kunjungan kerja di Sultra, khususnya Koltim untuk menyampaikan kondisi pertanian skala daerah, nasional bahkan internasional. Katanya, beras, jagung, lada, bawang, dan cabe tak lagi diimpor masuk ke Indonesia. Bahkan, Indonesia yang akan melakukam ekspor kebeberapa negara tetangga,” kata Amran Sulaiman. Menurutnya, kemajuan sektor pertanian atas kerja keras seluruh stakeholder dan rakyat Indonesia untuk bertani.

Sementara itu, Bupati Kolaka Timur, H. Tony Herbiansyah mengatakan Mentan telah banyak memberikan bantuan untuk Koltim. Tahun 2018 bantuanya akan lebih banyak, bantuan 1 juta bibit kakao, jagung, padi dan lada. Penambahan perluasan percetakan sawah 700 hektar tahun ini.

“Muda-mudahan dengan penambahan bantuan dari Kementerian Pertanian, petani di Koltim bisa lebih makmur dan sejahtera kedepannya. Koltim menjadi pusat hortikultura serta menjadi spirit bagi pemerintah dan masyarakat untuk lebih meningkatkan sektor pertanian,” tandasnya. (kus/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top