Pariwara
Politik

Mantapkan Perekrutan PPDP Pilgub, KPU Kendari Raker bersama PPK dan PPS

Komisioner KPU Kota Kendari, Hayani Imbu saat memaparkan materi pembekalan kepada PPK dan PPS dalam merekrut PPDP Pilgub Sultra di di Hotel Zahra Kendari, Rabu (27/12). Foto: Marwan Abidin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari terus memantapkan diri dalam menyukseskan perhelatan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra tahun 2018 mendatang. Untuk memaksimalisasi kerja, KPU juga telah tuntas merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Selain itu, dalam waktu dekat KPU Kota Kendari akan merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Sebelum perekrutan PPDP tersebut, KPU Kota Kendari memberikan bimbingan teknis (bintek) pada PPK dan PPS. Pasalnya, tugas dan tanggungjawab pembentukan PPDP Pilgub Sultra menjadi domain PPK dan PPS. Rabu (27/12), KPU menggelar rapat kerja bersama PPK dan PPS di Hotel Zahra Kendari.

Komisioner KPU Kota Kendari, Hayani Imbu menjelaskan raker dilaksanakan agar PPK dan PPS di lingkup Kota Kendari dapat memahami tugas dan fungsinya. Dengan begitu, pembentukan dan bimbingan teknis PPDIP yang akan dilaksanakan pada 19 Desember 2017 hingga 17 Januari 2018 sesuai ketentuan atau merujuk pada PKPU nomor 1 Tahun 2017.

PPK dan PPS kata komisioner KPU dua periode ini, harus cermat memilih untuk diamanahkan dalam pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pilgub Sultra. Sesuai agenda, pelaksanaan Coklit akan digelar tanggal 20 Januari 2018 hingga 18 Februari 2018. “Olehnya, perekrutan PPDP harus yang profesional,” katanya saat memaparkan materi pada raker kepada PPK dan PPS.

Selama ini sambungnya, pembentukan PPDP dapat berasal dari pengurus RT, RW atau calon diusulkan oleh PPS di wilayah kerjanya. Hanya saja, tetap perlu diperhatikan kriterianya. Pertama, berdomisili di wilayah kerjanya dibuktikan dengan alamat pada KTP-el atau Surat Keterangan yang dimilikinya. Kedua, bukan anggota salah satu partai politik atau tim kampanye pasangan calon.

Syarat ketiga, dapat bekerja sama dengan RT/RW di wilayah kerjanya. Keempat, bukan dari anggota kepolisian atau TNI. “Serta rajin dan teliti serta mempunyai tulisan tangan yang dapat dibaca oleh orang lain. Berusia minimal 17 tahun. Bersedia menjadi salah satu anggota KPPS. Bersedia melakukan Coklit sejak hari pertama pada tanggal 20 Januari 2018 (minimal 5 rumah). dan menandatangani surat pernyataan kesiapan menjadi PPDP,” jelasnya.

Selain itu lanjut dia, PPDP juga diharapkan bisa bekerja maksimal dalam menyukseskan Pilgub Sultra. Mekanisme pengangkatan juga melalui pengusulan PPS melalui PPK ke KPU Kota Kendari. Setelah itu, akan dilakukan bimtek kepada PPDP yang telah direkrut akan dilakukan bimtek serentak se Kota Kendari. Sedangkan, jumlah PPDP yang akan direkrut menyesuaikan jumlah daftar pemilih disetiap TPS nantinya. Namun sebelumnya setelah penerimaan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) oleh KPU RI. (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top