Pariwara
Bau-bau

Januari, Baubau Panen Lobster

KENDARIPOS.CO.ID — Letak geografis Kota Baubau yang wilayahnya dikelilingi laut dimanfaatkan dengan baik oleh para nelayan. Pembudidayaan beberapa jenis biota laut, seperti lobster dan rumput laut telah dilakoni sejak lama. Menjadi andalan masyarakat nelayan, untuk tetap memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga mereka dikala tidak berlayar kerena cuaca buruk.

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Baubau, Sadidi mengatakan aktivitas budidaya biota laut yang diguluti oleh masyarakat di beberapa kecamatan berhasil dilakukan. Puluhan petak kolam yang berisi lobster telah siap panen.

“Alhamdulilah, budidaya lobster yang dilakukan oleh masyarakat di empat kelurahan pada dua kecamatan di Kota Baubau berhasil. Ribuan ekor lobster dengan berat total sekitar dua ton telah siap panen,” kata Sadidi, rabu (27/12).

Sesuai jadwal yang telah diagendakan, lanjut Sekretaris DKP Kota Baubau itu, panen lobster akan dilakukan pada awal Januari 2018 mendatang. Seluruh karamba (kolam lobster) akan dipanen secara bersamaan. “Totalnya ada 22 karamba. Seluruh ukuran atau besar lobster sama, dengan berat rata-rata lima ons. Kegiatan budiadaya lobster yang dilakukan oleh para nelayan adalah bantuan dari pemerintah. Sehingga anggaranya besumber dari APBN (pemerintah pusat) dan APBD dari pemerintah kota,” sambungnya.

Ia menambahkan, selain lobster, budidaya rumput laut yang juga bantuan dari pemerintah daerah dan pusat sukses dikelolah masyarakat. Hanya saja, kapan akan dipanen, pihaknya belum mendapatkan informasi. “Jadwal pastinya saya belum tahu. Yang pasti 2018 mendatang budidaya rumput laut juga akan kita panen,” ucapnya. (ahi/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top