Januari 2018, Kuota CPNSD Dibahas Kemenpan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Januari 2018, Kuota CPNSD Dibahas Kemenpan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Desas desus penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) tahun 2018 memang terus menjadi bahan perbincangan hangat saat ini. Bukan hanya di kalangan masyarakat umum, tetapi pemerintah daerah juga masih menunggu kepastian kabar rekrutmen abdi negara itu.

Teranyar, Sultra sudah menyerahkan usulan kuota 700 CPNSD ke pemerintah pusat. Informasinya, kepastian rekrutmen itu akan diumumkan Januari 2018. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Lukman Abunawas. Ketua KONI Sultra ini mengatakan setelah dilakukan perhitungan matang, Sultra memang masih membutuhkan tenaga baru untuk posisi tertentu.

Pertimbangannya yakni banyaknya PNS yang memasuki usia pensiun selama moratorium berlangsung. Kemudian, ada juga beberapa tugas tambahan PNS sesuai dengan kebijakan pusat sehingga membutuhkan keahlian khusus. “Januari 2018 kita dipanggil lagi untuk bahas itu. Kuota kita tetap 700, tetapi kalau bisa ini diisi saja oleh honorer dan K2, karena mereka sudah punya pengalaman kerja,” ujar Lukman Abunawas, Rabu (27/12).

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir kata dia, sekira 500 PNS pensiun reguler, dan 50 PNS dipensiunkan alias dipecat karena alasan indisipliner. “Kalau reguler itu yang pensiun karena umur sudah 58 tahun. Ada juga nonreguler artinya yang kita berhentikan dengan tidak hormat,” terang Lukman Abuawas.

Sebenarnya, ada cara lain untuk mengisi kekosongan PNS itu di Pemprov, yakni dengan menerima permohonan pindah yang diajukan oleh PNS dari kabupaten dan kota. Hanya saja, banyak dari mereka tidak memenuhi syarat “mendesak” untuk diterima. “Ini banyak yang mau pindah ke Pemprov karena ada TPP di sini. Tapi tidak bisa kita terima. Ada juga alasan karena tidak sesuai kebutuhan. Yang bisa kita terima alasan mendesak seperti ikut suami atau istri. Itupun kecuali memang kita butuhkan tenaganya misalnya guru atau tenaga medis karena itu memang kita masih kurang,” paparnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top