Pariwara
Kolaka

Dinkes Kolaka Tingkatkan Status Puskesmas Pomalaa

FOTO/ZuL FADLY/KENDARI POS
Bupati Kolaka, Ahmad Safei membuka tirai Puskesmas Pomalaa sebagai tanda peresmian gedung barunya di Kelurahan Dawidawi, rabu (27/12).

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan. Status Puskesmas Pomalaa telah ditingkatkan, fasilitasnya bertambah. Gedung baru Puskesmas itu di Kelurahan Dawidawi yang diresmikan Bupati Kolaka, Ahmad Safei, rabu (27/12) telah memiliki ruang rawat inap dan instalasi pengolaan limbah.

“Anggaran pembangunan Puskesmas Pomalaa menghabiskan sekitar Rp 4,4 miliar. Bersumber dari APBN. Saya minta pihak Puskemas memberikan pelayanan yang baik kepada pasien sehingga masyarakat yang datang berobat dapat merasakan kenyamanan,” Ahmad Safei.

Ia mengimbau petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Jangan berbicara dengan nada tinggi kepada pasien. “Kalau pasien dibentak, maka dia tidak mau lagi berobat di Puskesmas dan memilih berobat ke rumah sakit. Padahal Puskemas ini dibangun untuk melayani masalah kesehatan di sini. Sehingga orang yang sakit tidak tertumpuk di rumah sakit saja,” kata pasangan Jayaddin itu.

Dari 12 kecamatan di Kolaka, kata dia sudah ada 14 Puskesmas. Kecamatan Watubangga dan Latambaga, masing-masing memiliki dua Puskemas. Semua itu dilakukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kesehatan. Untuk Puskemas Pomalaa ini, kata dia akan tingkatkan menjadi rumah sakit pratama. Nanti ada dokter ahli yang bertugas di sini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, Harun Masirri mengatakan, Puskesmas Pomalaa yang baru dibangun tersebut telah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014. Puskesmas tersebut dilengkapi ruang rawat inap, perumahan paramedis serta instalasi pengolahan limbah, termasuk limbah rumah tangga.

“Dengan adanya rawat inap ini dapat memudahkan masyarakat Kecamatan Pomalaa untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Dimana sebelumnya, jika ada pasien yang akan dirawat inap harus dirujuk ke rumah sakit di Kota Kolaka, tapi sekarang sudah bisa di sini. Jadi biaya dan waktu lebih efisien,” kata Harun diamini Kepala Puskemas Pomalaa, dr Kamarullah. (fad/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top