Pariwara
Hukum & Kriminal

124 Ditilang, 72 Kendaraan di Kolut Disita

Gunanto

KENDARIPOS.CO.ID — Penegakan hukum di jalan raya Desember ini di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terus ditingkatkan. Apalagi menjelang pergantian tahun. Jajaran Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kolut hingga saat ini telah melayangkan 124 tindakan langsung (Tilang) kepada pengendara dan pengemudi yang melanggar aturan lalu lintas.

Kasatlantas Polres Kolut, AKP Gunanto kepada Kendari Pos mengungkapkan dari 124 lembar tilang itu sebanyak 72 sepeda motor disita dan satu unit mobil juga diamankan. “Itu pelanggaran berat,” ujarnya, Rabu (27/12).

AKP Gunanto menuturkan kesadaran pengguna jalan akan keselamatan saat berkendara masih rendah. Banyak yang masih abai. Indikasinya, rata-rata pelanggar yang kena tilang adalah tidak mengenakan helm saat berkendara. Jumlahnya mencapai 52 pelanggaran, kelengkapan roda dua tercatat 9 kasus dan kendaraan tanpa dilengkapi surat-surat semisal STNK sebanyak 40 kasus. Selain itu, pelanggar umumnya tidak menyalakan lampu utama. Polisi menjaring 22 pelanggar.

Personel Satlantas Polres Kolut, menurut AKP Gunanto akan terus melakukan monitor di jalan raya khususnya di ibu kota kabupaten dalam menegakkan hukum. Pasalnya, meski banyak pengendara maupun pengemudi yang terjaring operasi penertiban, namun masih banyak pula pelanggar yang tidak mematuhi itu. “Semisal helm, pengendara harusnya berpikir ketimbang harus di tilang lebih baik beli dan pakai helm karena harganya tidak mahal-mahal amat. Sama seperti kelengkapan lainnya,” imbuh AKP Gunanto. Desember ini di institusinya mencatat 7 kejadian lakalantas. 1 meninggal di tempat. (rus/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top