Pariwara
Konawe

Umat Muslim dan Hindu di Konawe Ikut Kawal Malam Natal

Aparat keamanan bersama remaja masjid dan pemuda Hindu saling bahu membahu menjaga keamanan ketika perayaan Natal di Gereja Katholik Paroki Roh Kudus Unaaha, Minggu malam (24/12). Tampak mereka berfoto dengan Pastor Simon Bata (belakang, tengah). Foto: Helson/ Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Ada yang berbeda saat pengamanan malam natal di Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Unaaha, tepatnya Sendang Mulia Sari, Kecamatan Tonguna Unaaha, Kabupaten Konawe, Minggu malam (24/12). Biasanya yang berjaga hanya polisi dan tentara, tapi kali ini ada juga warga berpakaian biasa. Usia mereka masih muda, ada yang memakai kopiah, ada pula pakai udeng (ikat kepala khas umat Hindu).

Mereka itu ternyata, anak-anak muda dari umat muslim dan Hindu yang ikut mengawal malam natal umat Kristiani. Bukan tanpa alasan para remaja masjid dan pemuda Hindu di wilayah itu ikut membantu pengamanan, selama perayaan malam natal berlangsung. Bagi mereka, itu adalah simbol perdamaian, pengikat antaragama, sehingga tercipta toleransi yang indah. Mereka memahami bahwa masyarakat Indonesia memang memiliki berbagai latar belakang dan keyakinan berbeda. Namun, dengan perbedaan itu Indonesia bisa merdeka, dan tetap kuat hingga sekarang.

Koordinator bidang Komunikasi Sosial Paroki Roh Kudus Unaaha, Markus Iman Sucipto merasa bangga dan terharu. Sebab toleransi umat beragama di Sulawesi Tenggara ( Sultra), khususnya Konawe bukan sekadar teks dalam undang-undang. Bukan juga sekadar pemanis kata dalam aksi solidaritas, namun dapat diamalkan dengan tindakan nyata, dan menjadi simbol kebersamaan dalam masyarakat.

“Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk toleransi antar umat beragama, untuk menjaga kesatuan dalam keberagaman. Seperti tema Natal tahun ini, hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, sungguh nyata dalam kehidupan berbangsa, dan kebhinekaan hendaknya selalu dibangun untuk menghindari perpecahan bangsa ini,” jelasnya.

Hal ini juga menjadi bukti, bahwa semua manusia yang menginginkan kedamaian, pasti akan mudah menggapainya, ketika mereka saling menerima satu sama lain. Mengakui perbedaan dan menghormati keyakinan masing-masing. “Semoga keterlibatan semua agama dalam perayaan Natal, diharapkan dapat semakin memperkuat persatuan dan keakraban antar umat beragama di tengah kemajemukan ini. Walaupun berbeda agama namun kedamaian dapat selalu dirasakan dalam seluruh kehidupan,” ungkapnya.

Pada malam natal, umat kristiani di Konawe melakukan Perayaan Kelahiran Yesus Kristus, salah satunya dengan perarakan patung bayi Yesus oleh anak-anak sekolah minggu menuju ke kandang natal. Lampu dinyalakan, seluruh jemaat menyanyikan lagu pujian dengan penuh semangat, pertanda Yesus Kristus Sang Juru Selamat telah lahir ke dunia.

Suasana itu tergambar dalam Misa malam Natal di Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Unaaha, malam itu. Dalam tradisi gereja katolik, misa malam Natal untuk merayakan kelahiran Yesus, selalu diawali dengan perarakan patung bayi Yesus. Ini merupakan bentuk penghormatan terhadap Yesus Sang Putera Natal. Itu sebabnya, hampir di semua gereja katolik selain pohon Natal, di dibangun pula kandang Natal yang merepresentasikan kandang ternak tempat dulu Yesus dilahirkan.

“Sudah menjadi tradisi Gereja Katolik di seluruh dunia, perarakan patung bayi Yesus oleh anak-anak sekolah minggu selalu mengawali penyelenggaraan Misa Malam Natal. Kemudian, Pastor melakukan ritual doa sebelum mempersembahkan Misa di depan Kandang Natal. Sikap itu dilakukan setiap imam sebelum melanjutkan pelaksanaan Misa,” terangnya.

Lanjut dia, ini merupakan salah satu bagian upaya untuk menghadirkan damai Natal di dalam kehidupan umat. Markus menyebutkan, Perayaan Natal di Paroki Roh Kudus Unaaha dipimpin oleh Pastor Simon Bata, Sedangkan Pastor Marselinus Nyoman Suarma, melayani perayaan Natal di Stasi Santa Perawan Maria diangkat ke Surga Ladongi Kolaka Timur. (b/*)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top