Sultra Diguyur Bantuan KKP, Umar Arsal Janji Perjuangkan Lebih Banyak Lagi – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Sultra Diguyur Bantuan KKP, Umar Arsal Janji Perjuangkan Lebih Banyak Lagi

Anggota DPR RI, Umar Arsal menyerahkan secara simbolis bantuan bedah rumah nelayan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada nelayan Wakatobi, Jumat (22/12) lalu. Foto: Asty/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Sultra patut bangga punya wakil rakyat sekaliber Umar Arsal (UA). Dedikasi dan perjuangannya untuk membantu masyarakat dan pemerintah daerah, sungguh luar biasa. Sudah tidak terhitung jumlah bantuan yang mengalir di Sultra, baik untuk kepentingan infrastruktur maupun hal lainnya.

Teranyar, berkat kepiawaianya meyakinkan Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP), sehingga Sultra berhasil mendapatkan guyuran bantuan. Diantaranya, 31.874 asuransi nelayan dan 48 unit kapal perikanan. (Detailnya lihat grafis). Bantuan tersebut disalurkan langsung Dirjen Perikanan Tangkap yang diwakili Direktur Perizinan dan Kenelayanan RI, Saifuddin saat berkunjung ke Wakatobi, Jumat (22/12) lalu. Umar Arsal bersama rombongan juga hadir saat itu.

Umar Arsal berjanji, akan terus memperjuangkan bantuan untuk Sultra. “Kita berharap tahun depan anggaran untuk kapal tangkap nelayan dan lainnya lebih banyak lagi. Semoga ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Pabrik es khusus di Wakatobi harus kita prioritaskan dan kawal agar di Wakatobi bisa memiliki fasilitas ini,” ungkap Anggota Komisi IV DPR RI ini.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI memang memberikan perhatian lebih kepada para nelayan di Sultra. Faktanya, tak hanya bantuan berupa asuransi dan kapal nelayan, tapi tim KKP juga melakukan bedah rumah pada enam unit rumah milik nelayan di Desa Mola Raya Kecamatan Wangi-Wangi Selatan. Direktur Perizinan dan Kenelayanan RI, Saifuddin menjelaskan, bantuan yang diberikan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan di Sultra. “Kami harap, bantuan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Harus menggunakan alat tangkap secara cerdas dan tidak melakukan pengeboman. Laut adalah sumber kehidupan, makanya harus dijaga bersama,” pesan Saifudin.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sultra, Askabul Kijo menyambut positif bantuan yang diberikan. Dia memastikan, semua akan tersalur sesuai peruntukannya. “Bantuan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya. Dia menambahkan, di Sultra ada satu kabupaten yang istimewa yakni Wakatobi. Hal ini dikarenakan, daerah yang telah ditetapkan sebagai Kabupaten Maritim ini seluruh wilayahnya berada di Kawasan Taman Nasional (TN). Menariknya, 97 persen wilayahnya merupakan laut.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Komisi IV DPR RI dan Anggota Komisi IV DPR RI, Umar Arsal beserta rombongan dan Dirjen Perikanan Tangkap beserta jajaran atas kunjungannya di Sultra, khususnya Wakatobi. “Semoga kunjungan ini memberikan manfaat yang luar biasa kepada seluruh masyarakat Sultra,” katanya.

Bupati Wakatobi, H Arhawi mengungkapkan kabupaten Wakatobi yang memiliki luas wilayah 97 persen laut, sehingga tentu sangat menarik. Dalam sebulan saja KKP RI melakukan kunker di Wakatobi sebanyak dua kali. Artinya, Wakatobi menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat.

“Kabupaten Wakatobi harus menjadi prioritas dan didorong khususnya pada sektor perikanan. Sebagian nelayan di Sultra mencari ikan di Wakatobi. Lalu mengapa Wakatobi bukan menjadi pusat perikanan dan kelautan apalagi punya potensi yang luar biasa di dalamnya. Kita berharap ini didorong ke depannya,” katanya.

Grafis: LD Kurniawan/Kendari Pos

Sekadar diketahui, kegiatan yang berlangsung di Sombu Dive Desa Sombu Kecamatan Wangi-Wangi ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis. Diantaranya, asuransi nelayan untuk nelayan Wakatobi sebanyak 3.689 orang atau tertinggi kedua di Sultra. kemudian, bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan yang diterima Koperasi Unit Desa Nelayan Anta Pulo Sejahtera sebanyak 1 Paket Gillnet Dasar.

Selain itu, nelayan di Wakatobi menerima bantuan kapal nelayan sebanyak dua unit ukuran 5 GT dan lima unit ukuran 10 GT. Pada saat acara dihadirkan 3 koperasi penerima serta Gerai Permodalan Nelayan yang bekerja sama dengan BRI yang difasilitasi hingga saat ini di Sultra. Jumlah debitur yang difasilitasi kreditnya sebanyak 3.508 debitur dengan total kredit sebesar Rp 52 milyar. (b/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top