Pariwara
Metro Kendari

Peringati Hari Ibu, Salimah Ingatkan Bahaya Kanker

Pengurus Daerah Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kendari berbagi pengetahuan antisipasi kanker serviks dan payudara sejak dini kepada kaum ibu melalui acara talk show. Kegiatan itu digelar dalam rangka memperingati hari Ibu. Foto: Inong Saputra/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kanker menjadi persoalan serius yang dihadapi kaum perempuan. Jika melihat fenomena yang ada, setiap tahun banyak yang meninggal karena penyakit kanker ini, baik kanker serviks maupun payudara. Kondisi ini menjadi perhatian salah satu lembaga pemerhati masalah perempuan, yakni Pengurus Daerah Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kota Kendari.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kaum perempuan, lembaga yang dinakhodai Sri Lestari ini menggagas kegiatan bertajuk “Talkshow Hari Ibu” dengan tema “Ibu Sehat Keluarga Bahagia”. Ratusan peserta dari majelis taklim kelurahan dan kecamatan sekota Kendari hadir sebagai peserta. Untuk pemateri, menghadirkan Kepala Dina Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum, M.Kes, Kepala Puskesmas Kandai, dr. Sunarni dan aktivis perempuan Sulawesi Tenggara, Wa Ode Hasriyanti.

“Kami ingin semua perempuan, khususnya kaum ibu bisa membekali diri dengan pengetahuan memadai tentang kanker serviks maupun payudara, sehingga bisa mengantisipasinya sejak dini,” ujar Wa Ode Hasriyanti. Dirinya melihat, banyak kaum ibu terenggut jiwanya karena kurang paham tentang masalah itu.

Lebih jauh dia menjelaskan, kaum ibu sangat penting memahami semua itu. Sebab, kalau ibu sehat, maka keluarga juga bisa lebih bahagia. “Ingat, ruh sebuah keluarga ada sama ibu. Makanya, mereka harus selalu sehat supaya anak-anak juga bisa tumbuh sehat. Saya apresiasi, Salimah menggelar kegiatan seperti ini, sangat positif,” ungkapnya.

Lebih teknis, pengetahuan tentang kanker serviks dan payudara dijelaskan Kepala Puskesmas Kandai, dr. Sunarni. Tak hanya memperkenalkan, bahwa kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim. Tapi juga berbagai cara untuk mencegahnya.

Beberapa diantaranya, dia ingatkan supaya kaum ibu menjalani pola hidup sehat, selalu menjaga kesehatan tubuh, menghindari pembersihan bagian genital dengan air yang kotor, setia kepada pasangan dan sebagainya. Ketua panitia kegiatan, Irnayanti Bisma mengatakan, pembekalan pencegahan dini kanker ini lebih dikhususkan pada kanker serviks dan payudara.Sebab, dua jenis kanker ini yang paling banyak menyebabkan kematian bagi perempuan.

“Kami berharap dengan pemberian materi tersebut, para ibu yang hadir sebagai peserta dapat memahami sejak awal tentang kanker. Ini penting supaya antisipasi dini,” jelasnya usai kegiatan di salah satu hotel di Kota Kendari, Senin (25/12). Lanjut dia, acara ini digelar PD Salimah Kota Kendari dalam rangka memperingati Hari Ibu 2017. (ing)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top