Pariwara
HEADLINE NEWS

Kerahkan Kekuatan Penuh, Polda Sultra Sukses Amankan Natal

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto (keempat dari kanan) foto bersama petugas salah satu Pospam di Kota Baubau, Senin (25/12). Kunjungan ke daerah itu adalah salah satu rangkaian keliling Sultra memantau pengamanan Natal 2017 dan tahun baru 2018. Foto: Humas Polda for Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Perayaan Natal 2017 di Sultra berlangsung aman. Tidak ada peristiwa sedikitpun yang mengganggu saat malam Natal hingga pagi harinya. Meski punya peran sentral, namun Polda memastikan keamanan perayaan Natal ini merupakan keberhasilan bersama. Korps Bhayangkara sebagai koordinator bersama dengan sejumlah kementerian, tokoh gereja, ulama dan organisasi masyarakat (Ormas).

Poin plus (apresiasi,red) pantas disandangkan kepada Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto. Sebab, tanpa kenal lelah keliling Sultra memantau pengamanan. Dia ingin memastikan kondisi daerah aman selama hari besar umat Kristiani ini berlangsung. “Alhamdulillah, Sultra sangat kondusif selama perayaan Natal berlangsung,” ujar Brigjen Pol Andap, selasa (26/12).

Perjalanan pengganti Agung Sabar Santoso ini keliling Sultra dimulai dari Kota Kendari pada Sabtu (23/12) dan Minggu (24/12). Didampingi sejumlah pejabat utama (PJU) Polda Sultra, dia mengunjungi setiap pos pengamanan (pos pam). Setiap pospam, dirinya memberikan pengarahan sekaligus penguatan kepada seluruh petugas yang berjaga.

Tak hanya itu, malamnya (minggu malam,red), Andap kembali mengunjungi sejumlah gereja di Kota Kendari. Didampingi TNI, Dishub dan stakeholder lainnya, mengecek dua tempat ibadah nasrani, yakni Gereja Ora Et Labora dan Gereja ST. Clemens. Andap memastikan agar jalannya ibadah yang dilakukan dapat berjalan lancar tanpa ada gangguan apapun. “Ini demi mengamankan wilayah hukum kita semua,” ucap Andap.

Esok harinya, tepatnya Senin (25/12), dia bergeser mengecek Pospam di Polres Konawe, selanjutnya menuju Polres Baubau dan Polres Muna. Di tiga Polres itu, tak hanya memberikan pengarahan kepada anak buahnya, Andap juga sempat bertemu kepala daerahnya. Misalnya di Baubau bertemu Wali Kota AS Tamrin. Keduanya berkoordinasi tentang kondisi daerah dan pengamanan. “Kami ingin memastikan pengamanan perayaan Natal dan tahun baru di eks Kesultanan Buton ini siap. Sehingga semua bisa aman dan lancar,” jelasnya.

Sumber: Polda Sultra

Kunjungan ke Muna juga begitu. Jenderal Andap disambut langsung Bupati Muna Rusman Emba dan wakilnya Malik Ditu serta Kapolres dan jajaran. Disamping melihat kesiapan pengamanan, dirinya juga menekankan pada jajarannya untuk mengatur strategi. Selain, fokus pengamanan Natal, rumah kosong juga harus dijaga. “banyak rumah warga yang kosong karena berlibur. Makanya, itu juga harus jadi perhatian,” ingatnya.

Nah, pada hari kelima, tepatnya Selasa (26/12), pria tegas tapi murah senyum ini kembali berkunjung ke Polres Kolaka. Dia melakukan pengecekan kesiapan anak buahnya untuk menghadapi tahun baru. Ada beberapa jam di Kolaka, dia sempat memberikan pengarahan kepada personil Polres Kolaka. “Lead by the Example. Pemimpin yang mencontohkan, mengapa saya harus mengecek satu persatu pospam yang ada? Saya hanya ingin memastikan, kita semua itu harus kerja. Personel semua harus bekerja di lapangan untuk menjaga Kamtibmas di Sultra,” pesan Andap.

Masih di hari yang sama, Jenderal Andap juga mengunjungi Wakatobi. Sebenarnya, rencana akan kembali mengunjungi Bombana dan beberapa kabupaten lain, namun karena cuaca buruk sehingga dibatalkan. Selama kunjungan, Andap menggunakan helikopter. “Dari semua daerah yang saya kunjungi, alhamdulillah semua aman. Secara umum, tidak ada hal yang berpotensi mengganggu kamtibmas di Sultra,” ungkapnya.

Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto (pakai topi) didampingi TNI, Dishub dan stakeholder lainnya saat mengecek pengamanan di Gereja ST. Clemens, Kemaraya Kota Kendari, Minggu malam (24/12). Foto: LM Syuhada/Kendari Pos

Dia menginginkan sampai akhir perayaan tahun baru nanti, keadaan Sultra tetap aman. “Inilah fungsi yang kita jalankan. Semoga kita semua dalam lindungan Tuhan. Keamanan di Sultra tetap baik-baik saja,” kata pria yang belum lama ini dianugerahi sebagai Tokoh Kamtibmas dan Inovasi Pelayanan Masyarakat oleh Kendari Pos.

Selama melakukan kunjungan di beberapa wilayah hukum Polres, Andap mengakui bahwa anak buahnya siap di lapangan. Kata dia, selama ini, pihaknya juga telah melakukan pengamanan dengan menerapkan beberapa operasi gabungan. Menjelang Natal, tim Kepolisian Polda Sultra telah melakukan langkah-langkah lain. Misalnya melakukan operasi pasar yang dilakukan oleh Satgas Pangan, kemudian operasi pekat anoa lalu lintas dan operasi cipta kondisi (Cipkon). “Ini semua untuk meminimalisir gangguan kamtibmas yang akan terjadi. Operasi lalu lintas untuk menekan laka lantas,” jelasnya.

Menurut dia, satu hal yang penting untuk memberikan keamanan di daerah ini, yakni berkoordinasi. “Agar bisa mewujudkan kamtibmas, maka semua pihak harus bekerja sama. Selama ini Polri dan TNI selalu berkoordinasi, termasuk pemerintah daerah juga,” ucapnya.

Secara nasional, perayaan Natal 2017 juga berlangsung aman. Aksi teror tidak lagi menjadi momok saat Natal. Sweeping terhadap peggunaan atribut Natal tidak terjadi. Pun, tak ada pemaksaan dalam menggunakan atribut Natal yang biasanya terjadi di pusat perbelanjaan. Karopenmas Divhumas Polri Brigjen M. Iqbal menjelaskan, sejak tiga bulan hingga dua bulan sebelum Natal, Polri memang berupaya menciptakan kondisi aman. ”Banyak operasi untuk menciptakan keamanan itu,” ujarnya, selasa (26/12).

Yang menonjol, rangkaian penangkapan terhadap 20 terduga teroris untuk mencegah adanya aksi yang menganggu Natal. Selanjutnya, Operasi Zebra juga menjadi salah satu pencegah dan penjaring kemungkinan adanya aksi tertentu. ”Tidak hanya itu,” jelasnya.

Polri juga bekerjasama dengan TNI, sejumlah Kementerian, tokoh gereja, ulama dan ormas. Semua bersepakat untuk menjaga agar tidak terjadi gangguan selama Natal. ”Bersama-sama menjaga keamanan,” jelasnya.

Menurutnya, kendati sudah dilakukan berbagai penangkapan, namun Polri tetap mengerahkan 90 ribu personil dalam rangka Operasi Lilin. Penjagaan di gereja dilakukan, bukan hanya untuk menjaga dari gangguan keamanan. Namun, lebih kepada memberikan rasa aman. ”Kehadiran polisi itu membuat masyarakat merasa aman,” ungkapnya.

Kehadiran polisi di gereja juga merupakan bukti polisi merupakan sahabat masyarakat. Kalau ada sesuatu yang bisa dibantu, tentu dilakukan polisi. ”Kalau perlu bantuan mengangkat meja dan kursi, polisi bisa,” terangnya.

Dia mengatakan, masih terkait perayaan Natal, himbauan Kapolri Jenderal Tito Karnavian begitu efektif. Tidak terjadi satupun sweeping dari ormas, pun tidak ada pemaksaan dalam penggunaan atribut Natal yang terjadi di pusat perbelanjaan. ”Tidak ada laporan dan temuan soal itu,” ucapnya.

Kepala Humas Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Jerry Sumampow menuturkan, PGI mengapresiasi kinerja kepolisian dan semua masyarakat yang turut membantu mengamankan perayaan Natal 2017 agar tidak terjadi gangguan. ”Hingga hari ini, kami tidak mendapatkan laporan apapun soal gangguan. Aman sekali, terima kasih,” tuturnya.

Kemungkinan besar kondisi aman ini merupakan pengaruh dari langkah Polri yang sejak awal melakukan berbagai upaya melumpuhkan gerakan radikal. ”Karena itu kami berharap langkah semacam ini terus dilakukan,” ujarnya.

Menurutnya, rangkaian perayaan Natalitu biasa sampai awal Januari. Seperti perayaan Natal komunitas dan keluarga. Bergantung pada seberapa besar komunitas tersebut. ”Maka, kami harap Polri juga peduli dengan pengamanannya,” ungkapnya.

Presiden Joko Widodo ikut menyampaikan ucapan selamat hari Natal kepada umat Kristiani. Ucapan itu dia unggah ke tiga akun sosial medianya, yakni INstagram, Facebook, dan Twitter. Sementara, hingga selasa (26/12) sore, belum tampak ada unggahan di akun YouTube Presiden.
’’Keragaman adalah rahmat bagi kita semua,’’ imbuhnya. (b/ade/wan)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kendaripos/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729