Pariwara
Buton Tengah

Disdukcapil Buteng Siapkan Pencetakan KIA

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Buton Tengah (Buteng) sedang menyiapkan layanan pencetakan kartu identitas anak (KIA). Rencananya, program baru tersebut akan dilaksanakan secara efektif pada April 2018 mendatang. Mengingat pencetakan KIA harus dilaksanakan secara serentak se Indonesia.

Kepala Disdukcapil Buteng, Syamsuddin M mengatakan, pihaknya sementara melakukan sosialisasi terkait layanan pencetakan KIA, meski masih bersifat terbatas. Karena Disdukcapil Buteng masih berupaya untuk mengadakan alat untuk melaksanakan program layanan KIA tersebut. “Akhir Desember 2017 kita sudah melakukan sosialisasi terkait pencetakan KIA. Hal ini kita laksanakan secara terbatas karena Buteng ditetapkan untuk mencetak KIA pada 2018. Sementara untuk 2017 baru dua daerah yang melaksanakan, yakni Konawe dan Kota Baubau,” ungkapnya.

Syamsuddin menambahkan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan 15 ribu blangko KIA untuk tahap awal. Hanya saja, tidak disebutkan secara jumlah anak yang mencetak KIA. Namun blangko itu diperkirakan untuk kebutuhan sepertiga anak di Buteng.

“Pencetakan KIA akan diperuntukan bagi anak dengan usia 1 hingga 16 tahun, ukurannya seperti KTP dan berwarna ping. Kedepan kartu ini akan digunakan untuk mendapatkan dan mencairkan bantuan untuk anak-anak sekolah,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, kemungkinan Buteng efektif mencetak KIA pada Mei atau April 2018 mendatang. Sekarang ini masih persiapan untuk menganggarkan pengadaan mesin pencetak KIA. “Pengadaan ini tidak melalui tender, tapi sudah ada dalam e-katalog,” tutupnya. (myu/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top