Awal Januari, Pengurusan Paspor Haji Dimulai – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Awal Januari, Pengurusan Paspor Haji Dimulai

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Calon Jamaah Haji Kota Kendari yang nomor kursinya diprediksi masuk kuota sudah bisa mengurus paspor mulai Januari 2018. Proses itu sengaja dipercepat agar urusan dokumen haji itu tidak menjadi kendala pada saat persiapan pemberangkatan nantinya.

Tahun-tahun sebelumnya, paspor dan visa baru bisa diurus pada bulan Maret hingga April atau 4 bulan sebelum keberangkatan ke tanah suci. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Seksi Umrah dan Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Marwijid. “Januari 2018 sudah bisa diambil dokumen paspornya di sini (Kantor Kemenag Kota Kendari,red). Nanti kita arahkan cara mengisinya,” ujar Marwijid, akhir pekan lalu.

Mantan Kepala KUA Kecamatan Puuwatu itu berkomitmen penyelenggaraan haji tahun 2018 bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Hal itu juga akan mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Kendari. “Pemkot juga nanti anggarkan biaya lokal haji. Itu masuk APBD 2018. Biasanya nanti di APBD perubahan dianggarkan tapi kali ini lebih cepat. Jadi jamaah tidak perlu pakai uang pribadi lagi. Sudah ada akomodasi dan transportasi dari pemerintah,” kata Marwijid.

Lebih lanjut dikatakan Marwijid, selain urusan paspor yang dipercepat, proses manasik mandiri juga akan digelar lebih awal. Tujuannya agar pembekalan haji bisa lebih matang dilakukan. Sebab ada banyak aturan haji yang terus diperbaharui oleh panitia KBRI maupun kerajaan Arab Saudi. “Manasik mandiri ini dilakukan di tiap-tiap kecamatan, supaya jamaah lebih siap. Pengetahuan hajinya terus ditingkatkan dengan sering latihan menghafalkan doa-doa penting saat menunaikan haji ini,” jelasnya.

Soal berapa kuota haji, Kemenag belum mendapat informasi resmi. Namun dimungkinkan masih akan sama, bahkan bisa lebih dari tahun 2017 yakni 628 orang. “Kuota nanti akan diumumkan. Kita berharap bisa sama karena pemotongan kuota 20 persen sudah dicabut mulai tahun ini,” pungkasnya. (ely/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top