Pariwara
Metro Kendari

Surplus 40 MW Saat Natal dan Tahun Baru, PLN Jamin Listrik Tak Padam

Bandar Udara Halu Oleo meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan melakukan renovasi gedung dan menambah beberapa fasilitas di area keberangkatan. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Perusahaan Listrik Negara memastikan dan menjamin tak ada pemadaman pada perayaan Natal dan tahun baru. Kepastian itu terungkap dalam pertemuan lintas instansi antara Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra dan PLN Cabang Kendari dan Baubau, Jumat (22/12).

Dinas ESDM merasa perlu melakukan koordinasi dengan pihak PLN selaku penyedia pasokan listrik. “Kita undang teman-teman dari PLN baik cabang maupun unit yang ada di Sultra guna mengkoordinasikan dan untuk mengetahui kesiapan PLN dalam menyambut hari raya Natal dan tahun baru 2018,” ujar Kepala Dinas ESDM Sultra yang diwakili Kepala Bidang Ketenagalistrikan, Ridwan Botji disela-sela pertemuan di kantor ESDM Sultra, Jumat (22/12).

Ridwan Botji mengatakan secara keseluruhan pasokan listrik dalam rangka menyambut rari raya Natal dan tahun baru 2018 masih dalam keadaan aman dan terpenuhi. “Saya harap pihak PLN mampu menghandle ketersediaan listrik. Entah itu penambahan daya maupun pemeliharaan jaringan listrik agar tidak terganggu atau kalau perlu membuat posko pengaduan masyarakat mulai H-10 sampai dengan H+10,” ungkapnya.

Rapat koordinasi itu dihadiri perwakilan PLN Kendari dan PLN Baubau, mengingat kedua daerah ini merupakan daerah tujuan saat hari libur panjang tiba. Perwakilan PLN Cabang Kendari, Roni mengatakan sejauh ini ketersediaan pasokan listrik di wilayah daratan mulai Kolaka Utara hingga Bombana dan sebagian wilayah Konawe Kepulauan masih dalam keadaan aman. Artinya, daya yang ada masih bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat pada hari puncak natal dan tahun baru. “Daya mampu listrik di Kendari saat ini sebesar 120 mega watt. Sedangkan beban puncak pada hari H hanya sekitar 80 mega watt. Jadi masih surplus 40 mega watt,”ujar Roni.

Hal senada diungkapkan Juwandi, perwakilan PLN Cabang Baubau. Juwandi mengatakan untuk wilayah kepulauan yang menjadi domain PLN Baubau secara umum ketersediaan listrik pada saat hari H masih aman. PLN Baubau menyediakan pasokan listrik di 1 kota dan 8 kabupaten, mulai Muna, Wakatobi hingga daerah pemekaran Buton. “Untuk pasokan listrik saya ambil 1 sampel. Di Buton yang mana beban puncaknya sebesar 2600 kilo watt, sedangkan daya mampu sebesar 2700 kilo watt jadi masih surplus 100 kilo watt. Jadi masih aman,” ujar Juwandi. (ikl)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top