Jalan Sehat Kendari Pos-BNNP Sultra Sukses, Semua Komitmen Perangi Narkoba – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Jalan Sehat Kendari Pos-BNNP Sultra Sukses, Semua Komitmen Perangi Narkoba

Kepala BNNP Sultra Brigjen Pol Bambang Priyambadha (depan, ketiga dari kiri) beserta jajaran, Danrem 143/Ho Kolonel Arm Dedi Nurhadiman (keenam dari kiri), Kadis Kesehatan Sultra Asrum Tombili (keempat dari kiri), Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi (kedua dari kiri), Wadir Kendari Pos Agus Tranhadi (paling kiri), Pemimpin Redaksi Arifuddin Mangka (paling kanan) mengikuti jalan sehat, jumat (22/12). Tak hanya pejabat, sejumlah elemen organisasi perempuan juga ikut memeriahkan kegiatan bertajuk “Jalan Sehat Keluarga Bebas Narkoba” yang dipusatkan di lapangan eks MTQ tersebut. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Jalan sehat Kendari Pos bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra sukses dihelat, jumat (22/12). Massa dari berbagai elemen, mulai DWP BNNP Sultra, Polda, PKK Provinsi, DWP Pemprov Sultra, DWP BPK, DWP UHO, Dishub Sultra, PGRI Sultra, Unsultra, Muslimat NU, IPEMI, mahasiswa hingga masyarakat umum tumpah ruah di lapangan eks MTQ. Mereka semua komitmen menolak narkoba dan bersama-sama memeranginya.

Sebelum jalan sehat dimulai, diawali dengan senam sehat. Dipandu langsung ahlinya, peserta begitu semangat mengikutinya. Setelah semua peserta berkumpul, tepatnya sekira pukul 07.00 Wita baru dimulai. Acara jalan sehat dilepas langsung Ketua TP PKK Sultra yang juga anggota DPR RI, Tina Nur Alam. Disaksikan Kepala BNNP Sultra Brigjen Pol Bambang Priyambadha, Danrem 143/Ho Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, Kadis Kesehatan Sultra Asrum Tombili, Ketua DWP Pemprov Sultra Nur Endang Abbas, Rektor Unsultra Prof. Andi Bahrun, Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi dan sejumlah pejabat lainnya. Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto juga hadir memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Sesuai rute yang telah disusun panitia. Jalan sehat mengambil star di lapangan eks MTQ, tepatnya depan kantor Wali Kota Kendari. Selanjutnya menyusuri jalan Abunawas, lewat depan SSDC, sampai simpang empat belok kiri dan kembali menyusuri jalan Made Sabara hingga jalan utama. Setelah itu kembali lagi ke lapangan eks MTQ, pusat kegiatan. Kalau dihitung, peserta hanya butuh 3 ribu lebih langkah kaki atau sekira 2 kilometer lebih selama perjalanan.

Inset: Ketua TP PKK Sultra yang juga anggota DPR RI, Tina Nur Alam saat melepas peserta jalan sehat Kendari Pos-BNNP Sultra.

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Bambang Priyambadha mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut. Kata dia, jalan sehat ini sebagai ajang untuk mengingatkan masyarakat tentang bahaya narkoba. “Pemberantasan narkoba memang di tempatkan di pundak kami. Namun pencegahannya menjadi tanggung jawab bersama. Makanya, saya mengapresiasi inisiatif bersama Kendari Pos menggalakkan keluarga sehat tanpa narkoba melalui jalan sehat itu,” kata Bambang Priyambadha saat memberikan sambutan.

Dia menjelaskan, BNNP Sultra, hanya punya 54 personil. Dengan keterbatasan personel itu, tentu tidak bisa mengkover semua. Makanya, memang perlu peran serta dari masyarakat untuk bersama-sama mencegah narkoba ini. “Minimal, bisa menyampaikan pada kami kalau ada pengguna dan pengedar narkoba,” ujarnnya.

Mantan Wakapolda Sultra ini menambahkan, Januari nanti kekuatan BNNP akan bertambah di Sultra. Yakni dengan beroperasinya BNN Kota Baubau. “Selama ini kita hanya punya cabang di tiga kabupaten, yakni BNN Kendari, Muna dan Kolaka. Jadi, dengan adanya Baubau semoga lebih efektif lagi,” harapnya.

Soal narkoba lanjut dia sudah menjadi ancaman berbahaya bagi generasi bangsa ini. Dalam catatan BNN, rata-rata 40 hingga 50 jiwa meninggal karena narkoba. Olehnya itu kebijakan baru yang mewajibkan setiap instansi pemerintah berperan aktif dalam upaya pencegahan itu harus menjadi perhatian bersama. “Makanya kita sudah meminta setiap Pemda agar tahun 2018, ada anggarannya. Minimal ada tes urin dan sosialisasi bahaya narkoba itu,” katanya.

Selain itu, juga semua daerah di Sultra butuh dukungan peraturan daerah sebagai payung hukum pemberantasan narkoba. Ditempat yang sama, Ketua Dhrmawanita Persatuan (DWP) Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas menegaskan pemberantasan narkoba sejalan dengan visi misi dharmawanita untuk meningkatkan derajat hidup sehat keluarga. Momentum jalan sehat itu juga kata dia bertepatan dengan ulang tahun dharmawanita yang ke-18 dan peringatan hari ibu. “Tiga acara ini menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan untuk kita gelorakan semangat hidup sehat tanpa narkoba,” ucapnya.

DWP pemprov Sultra, lanjut dia berkomitmen untuk mengawal generasi muda menjadi generasi sehat tanpa narkoba. “Karena ibu adalah pengasuh utama bagi anak,” sambungnya. Olehnya itu apapun bentuk kegiatannya selama itu positif pihaknya akan senantiasa mendukung.

Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi menuturkan gerakan pencegahan narkoba, termasuk di dalamnya penangkapan oknum pengedar dan pemakai hingga urusan sosialisasi dan kampanye bahaya zat adiktif itu akan terus mendapat dukungan pemberitaan dari Kendari Pos.

Komitmen itu kata dia sudah diwujudkan sejak Kendari Pos hadir di Sultra. “Bahwa kami selama berkiprah sebagai media informasi di Sultra selalu mendukung kegiatan yang berkaitan dengan sektor publik, salah satunya pemberantasan narkoba,” terangnya. Dalam acara itu, panitia juga menyiapkan sejumlah hadiah menarik.

Seperti satu unit motor, handphone, kompor gas, televisi dan lainnya. Khusus hadiah utama satu unit motor, didapatkan oleh pegawai Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Kendari, Nur Muamal. Nomor undiannya 420 yang jatuh saat pengundian doorprize.

Nur Muamal menuturkan, dirinya bersama keluarga hadir untuk jalan sehat sebagai bukti mendukung pemberantasan narkoba. “Saya sangat senang bisa ikut jalan sehat ini. Dan saya tak menyangka akan mendapatkan doorprize berupa motor ini,” ungkapnya. Kegiatan jalan sehat ini disponsori oleh XL, Vivo, GMT Graha Media Telekom, Pegadaian, Swiss Belhotel, UD Maju dan lainnya. (b/ely/wan/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top