Pariwara
Ekonomi & Bisnis

BTN-BPJS Kesehatan Tingkatkan Kemitraan

Branch Manager Bank BTN KC Kendari, R. Bambang Hendro Tj., dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, dr. Dina Diana Permata, AAK., usai menandatangani peningkatan kerja sama kedua belah pihak di Grand Clarion Hotel and Convention Kendari, Kamis (21/12) lalu. Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah saling dukung dalam menjamin kesehatan pegawai non-Aparatur Sipil Negara (ASN) di Rumah Sakit Bahteramas beberapa waktu lalu, kini Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Kendari dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kendari makin memperluas cakupan kemitraan. Hal itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara kedua pihak tersebut di Grand Clarion Hotel and Convention Kendari, Kamis (21/12) lalu.

Branch Manager Bank BTN KC Kendari, R. Bambang Hendro Tj. menjelaskan bahwa kedua instansi tersebut akan saling mendukung dalam kegiatan pemasaran bersama jasa dan layanan. Disebutkan pula bahwa pelaksanaan pemasaran bersama merupakan inisiatif bersama dan diharapkan fitur yang dimiliki Bank BTN bisa men-support program BPJS Kesehatan, begitu pula sebaliknya.

“Setelah bincang-bincang, ternyata ada peluang yang bisa disinergikan. Di satu sisi, BPJS Kesehatan punya target universal health coverage dan di sisi lain Bank BTN memiliki produk bernama Program Pengembangan Operasional yang bisa disinkronkan,” urainya.

Salah satunya, ada manfaat dari kerjasama ini yang bisa didapatkan oleh pemerintah daerah. Jadi, ketika Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Bank BTN maka akan mendapatkan manfaat layanan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Menariknya, penerimaan JKN-KIS tanpa membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Bambang menegaskan, ini adalah awal. Sejatinya Bank BTN memiliki rekanan yang cukup banyak dan BPJS Kesehatan pun punya produk kepesertaan mandiri. Jadi mereka diarahkan untuk jadi anggota (member). Nah, ini tidak melulu ke Pemda melainkan akan diarahkan ke perusahaan yang bakal dibiayai untuk perumahan. “Itu juga bisa dibantu,” tegasnya.

Ia harap, semua dapat menikmati manfaat BPJS Kesehatan dengan dukungan Bank BTN. Ini adalah inisiasi yang ke depannya akan dieksplor lagi. Bank BTN dukung perumahan sementara BPJS Kesehatan dukung dari kesehatannya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, dr. Dina Diana Permata, AAK., menyambut baik hubungan yang kian terjalin mesra. Berawal dari Rumah Sakit Bahteramas dan kini berkembang ke segmen kepesertaan lainnya. Dengan sinergi ini, cakupan kepesertaan yang diharapkan jadi lebih luas. Bank BTN yang membantu pendaftaran kepesertaannya sehingga BPJS Kesehatan mendapatkan kepastian karena setelah itu secara kontinyu iuran dapat dibayarkan setiap bulannya selama kerjasama berlangsung. “Jadi saling menguntungkan,” singkatnya.

Sejauh ini, 72 persen masyarakat Sultra telah tercover BPJS Kesehatan dan masih ada sisa 28 persen. Nah, perjanjian kerjasama ini dihaparkan dapat mendorong percepatannya. Harapannya, hubungan keduanya tidak berhenti pada rencana pemasaran saja. “Yang utama, BPJS Kesehatan punya target Universal Health Coverage dan moga itu tercapai dengan dukungan Bank BTN,” tutupnya. (feb/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top