Pariwara
Politik

Bawaslu Sultra Ajak Masyarakat Awasi Pilkada

Ketua Bawaslu Sultra Hamirudin Udu saat memberikan pembekalan pada perangkat pengawas se-Mubar, Jumat (22/12). Foto: Yafruddin Yadi/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pengawasan menjadi tolak ukur kesukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak maupun Pemilu 2019. Namun dengan keterbatasan personil, sangat sulit bagi perangkat pengawasan memantau seluruh daerah. Sebagai solusi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra mengajak masyarakat turut serta melalui pengawasan partisipastif.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamirudin Udu mengatakan partisipasi politik masyarakat dalam pelaksanaan pesta demokrasi tak lagi menjadi tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pelaksana teknis. Namun sudah menjadi tugas bersama termasuk Panwas. Apalagi tanggung jawab keterlibatan semua stakeholder telah diamanahkan UU.

Atas dasar itu kata Hamiruddin Udu, perangkat pengawasan harus bisa memastikan penyelenggaraan pemilih berlangsung lancar tanpa adanya pelanggaran. Menurutnya, ini akan menjadi tantangan Panwas hingga ke tingkat bawah. Untuk itulah, masyarakat harus diberi edukasi tentang pelanggaran Pemilu. Dengan begitu, dugaan pelanggaran bisa ditangani.

“Tugas pengawasan menjadi tantangan sekaligus amanah yang harus dijaga. Saya berharap teman-teman Panwaslu kabupaten, Panwascam dan PPL dapat bekerja semaksimal mungkin. Dengan begitu, kepercayaan masyarakat terhadap lembaga semakin meningkat,” katanya saat sosialisasi pengawasan partisipatif yang digelar Panwaslu Muna Barat (Mubar) jumat (22/12).

Perangkat pengawas kata dia, harus bisa memantau pergerakan pasangan calon (Paslon) maupun tim sukses (timses)-nya. Upaya ini dilakukan untuk bisa meminimalisir terjadinya pelanggaran. Setiap dugaan pelanggaran harus direkam. Jika terjadi gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK), rekaman itu bisa menjadi bukti Panwas.

Ketua Panwaslu Mubar, LM Yasri mengatakan terus melakukan pembekalan dan pelatihan terhadap perangkat pengawasan. Hal ini dimaksudkan agar pengawasan jelang Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 bisa dimaksimalkan. Kegiatan ini diikuti anggota Panwascam se-Mubar termasuk kepala sekretariatnya. Selain itu, pihaknya juga merangkul masyarakat melalui pengawasan partisipatif.

Sosialisasi pengawasan partisipatif anggota Panwaslu Mubar, Ishak dan Waode Muniati Rigato serta Kepala Sekretariat Panwaslu Mubar Harmin. (b/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top