Pariwara
Metro Kendari

Armada Damri Siaga Mudik Natal

Proses pengecekan kelayakan armada bus Damri di MTQ Square, Jumat (22/12). Damri berjanji akan menambah armada jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan arus mudik Natal dan tahun baru. (inset) Manajer Utama Perim Damri Cabang Kendari, Mursalim Tutu. Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Lonjakan penumpang tidak hanya terjadi saat perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Libur panjang Natal yang berdekatan dengan tahun baru juga menjadi momentum mudik bagi masyarakat umum termasuk di Sultra. Olehnya itu, instansi perhubungan juga sudah melakukan berbagai persiapan untuk memberikan pelayanan terbaik selama angkutan Natal dan tahun baru itu.

Perum Damri menjadi salah satu perusahaan umum yang mendapat tugas melalui surat perintah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk bersiaga menghadapi lonjakan penumpang jelang natal dan tahun baru itu. Manajer Utama Perum Damri Cabang Kendari, Mursalim Tutu membenarkan hal itu. Kata dia, semua armada sudah diperiksa kelayakannya untuk beroperasi jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang.

“Sekarang masih normal, 18 sampai 20 unit perhari yang jalan baik dalam kota maupun ke luar daerah, tapi kita siapkan 35 unit, sehingga berapa pun kenaikan jumlah penumpang tetap bisa teratasi,” ujar Mursalim saat ditemui usai mengecek kesiapan armada bus di kawasan MTQ Square, Jumat (22/12).

Meski sudah menyiapkan armada tambahan, Mursalim sangat mengharapkan bantuan aparat pemerintah, masyarakat dan aparat keamanaan untuk menjaga ketertiban bersama. Sebab pengalaman beberapa bulan lalu saat pelayanan mudik lebaran, sempat terjadi gesekan di terminal penumpang dengan para sopir angkutan umum lainnya. “Kalau ada tambahan armada, sopir lain menuntut, karena kuota kita sudah berlebih. Akhirnya penumpang dipaksa turun,” ungkapnya.

Padahal kata dia yang namanya angkutan hari raya sudah program nasional. Dan setiap perusahaan angkutan darat maupun laut wajib menyiapkan armada tambahan. “Sangat kita sayangkan kalau ada yang menolak ini. Apalagi faktanya di Sultra ini yang melakukan itu justru plat hitam. Ini kan merugikan masyarakat umum sebenarnya,” tutupnya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top