Pariwara
Buton Tengah

Tata Naskah Dinas Buteng Mulai Diterapkan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) mensosialisasikan tata naskah dinas, Kamis (21/12). Hal tersebut dilakukan sebelum ketentuan yang tertuang dalam regulasi itu diterapkan pada proses surat menyurat dalam lingkup Pemkab Buteng.

Ketua Panitia Sosialisasi, Hasaruddin, mengatakan, ada beberapa asas yang perlu diperhatikan dalam peraturan bupati (Perbup) tersebut. Mulai dari asas efisien dan efektif yang dilakukan melalui penyederhanaan dalam penulisan, penggunaan ruang dan bahasa Indonesia yang baik, benar serta lugas.

“Kemudian, asas akuntabilitas, yaitu penyelenggaraan tata naskah dinas harus dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, ada asas keterkaitan, kecepatan dan ketepatan, serta keamanan. Olehnya kami menghadirkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) termasuk pemerintah kecamatan dan kelurahan dari masalah,” ungkapnya, kamis (21/12).

Dia menambahkan, prinsip penyelenggaraan naskah dinas juga mesti dipahami. Seperti, prinsip ketelitian dan cermat baik bentuk, susunan pengetikan, isi, struktur, kaidah bahasa, maupun penerapan ejaan dalam pengetikan. Kemudian prinsip kejelasan, yakni memperhatikan aspek fisik dan materi dengan mengutamakan metode cepat dan tepat.

“Setelah itu, prinsip singkat dan padat, yakni menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Terakhir, prinsip logis dan meyakinkan, diselenggarakan secara runtut, logis dan meyakinkan dengan struktur kalimat yang harus lengkap,” jelas Kasubag Kelembagaan dan Analisis Jabatan itu.

Sementara itu, Sekab Buteng, H. La Ode Hasimin, mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya sosialisasi tata naskah dinas. Regulasi yang tercantum dalam Perbup akan jadi pedoman yang menuntun kegiatan surat menyurat agar seragam dan teratur. “Pasalnya, surat menyurat merupakan salah satu sarana komunikasi sehingga ada kaidah yang ditetapkan,” tutupnya. (c/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top