Indomaret Buka Cabang di Konawe, Siap Berdayakan Tenaga Lokal – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Indomaret Buka Cabang di Konawe, Siap Berdayakan Tenaga Lokal

Suasana pembukaan Cabang Indomaret di Desa Wawone, Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe. Foto : Helson Mandala Putra/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Tak hanya di Kendari, PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) mulai melebarkan sayap hingga kabupaten di Bumi Anoa. Dan cabang pertama di luat Kota Kendari telah dibuka di Desa Wawone, Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe, Kamis (21/12). Masyarakat setempat pun tampak antusias menyambut kehadiran Indomaret. Mereka langsung berbondong-bondong masuk, dan menyasar berbagai produk yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Kepala Desa Wawone, Jamal Ahmad yang mendapatkan amanah camat, dan bupati untuk menggunting pita, sebagai simbol dibukanya cabang Indomaret tersebut, merasa bahagia dan bersyukur. Mengingat jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari ini, langsung menempatkan anak cabang pertama di Konawe, tepatnya di Wonggeduku. “Saya mewakili masyarakat Wawone, merasa sangat senang, karena dari seluruh kabupaten, wilayah kami yang pertama,” ujarnya.

Kendati demikian, Jamal juga merasa cemas, bila kehadiran Indomaret dapat mempengaruhi pedagang lain di sekitarnya. “Saya harap pihak Indomaret bisa menyesuaikan dengan harga lokal, jangan sampai ada perbedaan yang terlalu mencolok, sehingga toko-toko lain, di desa ini bisa jadi gulung tikar. Saya harapkan ada pembicaraan dan kesepakatan dengan para pedagang nantinya,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menaruh harapan besar agar Indomaret membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran, dengan memprioritaskan pemuda lokal sebagai karyawan. “Ya, kan kasihan juga pemuda disini kalau hanya jadi penonton, sementara para karyawan diambil dari luar daerah,” ungkapnya.

Area Manager Indomaret, Andung Cahya Utama menanggapi hal tersebut, ia meyakinkan kepada para pedagang lokal, bahwa kehadiran Indomaret bukan sebagai ancaman, namun lebih sebagai mitra. Mengenai harga, pihaknya tidak akan menurunkan sampai batas tidak wajar, bahkan mereka akan menyesuaikan dengan pendapatan masyarakat menengah ke atas. “Justru, segmen harga kita bisa jadi lebih di atas, yakni untuk masyarakat menengah ke atas,” bebernya.

Disamping itu, ia juga berharap bahwa penduduk lokal yang akan mengisi posisi karyawan di cabang tersebut. Katanya, saat ini mereka masih menggunakan karyawan yang telah menjalani pelatihan beberapa waktu lalu, namun dalam waktu tiga bulan, mereka akan dipindahkan ke cabang lain, dan Indomaret bakal mengambil pemuda lokal sebagai karyawan. “Sebagai langkah awal, kita tidak berani langsung ambil lokal, jadi harus yang sudah terlatih, tapi sebagian ada juga dari Konawe. Nah, nanti tiga bulan ke depan, mereka akan digantikan dan secara otomatis pemuda lokal yang akan menjadi prioritas bekerja di cabang ini. Jadi, kami juga ingin membantu pemerintah mengurangi pengangguran, khususnya di Desa Wawone,” pungkasnya. (hel/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top