Pariwara
Metro Kendari

7.192 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru di Sultra


Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto memimpin upacara apel gelar pasukan Operasi Lilin dalam rangka pengamanan Natal 2017 dan tahun baru 2018. Dalam operasi Lilin ini, sekira 7.192 personel diturunkan baik dari unsur Polri, TNI dan instansi lain. Foto : ADWIN / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Sekira 7.192 personel dari Polri, TNI dan instansi terkait di Sultra di turunkan dalam pengamanan (PAM) Natal 2017 dan tahun baru 2018. Kekuatan personel itu sudah dipamerkan dalam upacara gelar pasukan PAM Operasi Lilin 2017. Bagi oknum atau kelompok yang mengganggu situasi Kamtibmas maka akan berhadapan dengan personel Operasi Lilin.

Upacara gelar pasukan PAM Operasi Lilin dipimpin Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto di pelataran SSDC Eks MTQ, Kamis (21/12). Momen perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018, semua personel yang tergabung dalam gelar pasukan termasuk stakeholder lainnya agar wajib melakukan pengamanan.

Kapolda Sultra menekankan langkah membangun sinergi antara Polri dengan institusi lain dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan pada perayaan natal dan tahun baru di wilayah hukum Sultra. Dalam kesempatan tersebut, Brigjen Andap Budhi Revianto menegaskan apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan seluruh kekuatan personel yang terlibat dalam pengamanan. Kapolda menyebutkan personel pengamanan melibatkan 3.596 personel Polri, 1500 personel TNI dan sisanya 2.096 dari intansi lainnya.

Jumlah personel itu akan dibagi di beberapa titik-titik seperti gereja dan tempat keramaian lainnya. Ini dilakukan sebagai antisipasi dari serangan teror atau potensi ancaman lainnya. Termasuk kemacetan lalu lintas dan tindak kejahatan lainnya. “Jadi kami harapkan, semua pihak berkoordinasi menjaga Kamtibmas dalam momen natal dan tahun baru . Terhitung sejak 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018,” tegas jenderal bintang satu itu, kemarin.

Selain itu, Brigjen Andap Budhi Revianto menyampaikan penegasan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Kapolri berpesan agar operasi lilin ini mengedepankan kegiatan preventif yang didukung dengan kegiatan intelijen dan penegakan hukum. Operasi Lilin dalam skala nasional melibatkan 170.304 personel. Gabungan personel itu diharapkan dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur natal dan tahun baru. “Khususnya di tempat ibadah, jalan perlintasan arus mudik, dan arus balik, serta objek wisata lainnya,” ujar Brigjen Andap Budhi Revianto mengutip amanat Kapolri.

Sementara itu, Danrem 143/ HO Kendari, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman mengatakan dalam operasi Lilin ini, diharapkan semua personel mengedepankan kerja sama. “Saya tekankan, semua pihak dapat berkoordinasi untuk menjaga keamanan di wilayah Sultra,” tegasnya saat ikut menyampaikan arahan dalam gelar pasukan yang diikuti TNI AD, TNI AL, TNI AU, Brimob, Basarnas, Dinas Perhubungan dan stakehoder lainnya. (ade/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top