Pariwara
Bau-bau

Kemendagri Belum Terima Usulan Pj Wali Kota Baubau

La Ode Ali Akbar

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum menerima usulan Pj Wali Kota Baubau. Padahal, masa akhir jabatan (AMJ) AS Tamrin sudah semakin dekat, tepatnya 31 Januari 2018. Sesuai aturan, minimal satu bulan harus ada nama penggantinya. Ini penting supaya tidak terjadi kekosongan kekuasaan.

“Kami belum terima usulan Pj Wali Kota Baubau. Sesuai mekanisme, paling lama 14 hari setelah diusulkan maka Mendagri akan menetapkan siapa yang akan menjadi Pj Wali Kota Baubau,” kata Ansel Mustan, Sekertaris Dirjend Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, rabu (21/12).

Fenomena, pengusulan Pj jelang pilkada memang menjadi isu menarik untuk dibahas. Sebab, kehadiran Pj kerap kali diangap akan merubah peta politik jelang pilkada. Ketakutannya, soal perombakan susuanan satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Hal itu tak lain untuk memuluskan usaha politik salah satu kandidat pasangan calon yang akan maju di Pilkada.

Menanggapi persoalan tersebut, Ansel Mustan menjelaskan kewenangan Pj dan kepala daerah definitif sangat berbeda. “Ada batasan-batasan yang tidak bisa dilakukan Pj. Dia wajib menyukseskan terselenggarannya pilkada, bukan membuatnya makin kacau. Pj juga dilarang melakukan atau mengambil keputusan atau kebijakan strategis. Pj juga dilarang melakukan mutasi atau perombakan susunan SKPD. Semua itu jelas diatur dalam UU Pemda no 31 tahun 2014,” terangnya.

Karo Pemerintahan Pemprov Sultra, La Ode Ali Akbar mengaku telah menggodok 10 nama calon Pj Wali Kota Baubau. Dan usulan tersebut telah diserahkan kepada Plt Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata. “Kita sudah usul sebanyak 10 nama calon Pj. Usulan itu juga sudah diserahkan kepada Plt Gubernur. Seperti apa keputusan dan siapa nama calon Pj Baubau yang akan diusung semua tergantung pimpinan,” ujarnya saat dihubungi via selulernya di Jakarta, rabu (21/12).

Ali mengungkapkan, usulan ke pihak Kemendagri, Pemprov Sultra masih harus menunggu hasil sidang paripurna DPRD Baubau. “Masa berakhirnya kan nanti 31 Januari 2018. Jadi sebelum mengusulkan calon Pj Wali Kota Baubau maka harus menunggu hasil rapat paripurna DPRD setepat mengenai pemberhentian Wali Kota Baubau,” tuturnya.

Lanjut Ali, setelah mendapatkan hasil paripurna DPRD Baubau dan menerima hasil putusan calon Pj dari Plt Gubernur Sultra Saleh Lasata, pihaknya akan segera mengusulkan nama calon Pj kepada pihak Kemendagri. “Nanti dari 10 nama yang telah diajukan kepada Plt gubernur, nantinya dikerucutkan menjadi 3 nama sesuai pilihan Plt Gubernur Sultra,” imbuhnya. (b/yog)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top