Usul Sekjen Golkar Berlatar Belakang TNI – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Usul Sekjen Golkar Berlatar Belakang TNI

Internet
Titiek Soeharto bersama pengurus Partai Golkar. Titiek menjadi salah satu anggota keluarga Cendana yang cukup aktif di kepengurusan partai Golkar

KENDARIPOS.CO.ID — Posisi Idrus Marham sebagai sekretaris jenderal (sekjen) Partai (PG) masih belum aman di era kepemimpinan Ketua Umum (Ketum) PG Airlangga Hartarto. Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Siti Hediati Hariyadi mengusulkan sebaiknya sekjen PG dijabat kader yang berlatar belakang Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Kalau saya lebih baik serahkan kalau bisa yang TNI. Sudah lama Golkar tidak punya sekjen yang dari TNI,” kata politikus yang karib disapa Titiek Soeharto itu di arena Munaslub PG di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (19/12).

Titiek mengatakan, saat zaman orde baru (orba) dulu, sekjen PG dijabat politikus berlatar belakang TNI. “Sehingga bisa solid, bagus Golkarnya,” ungkap Titiek.

Namun, saat ditanya siapa nama calon sekjen berlatar belakang TNI yang akan diajukan, Titiek enggan menyebutkan. “Saya tidak tahu. Salah satu mungkin dari yang sudah ada di dalam, karena mungkin mereka berdua sudah di dalam, jadi mungkin sudah tahu jalannya bagaimana,” jelas Titiek.

Lebih lanjut Titiek mengatakan memang PG perlu melakukan revitalisasi pengurus. Sebab, ujar Titiek, dari hasil evaluasi sebelumnya hanya namanya saja yang banyak, tapi kerjaannya kurang. Namun, dia menyerahkan sepenuhnya kepada Airlangga. “Kami cari yang muda-muda dan memang kerjanya bagus,” katanya.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia Ari Junaedi berpendapat, sebaiknya Airlangga Hartarto mengganti struktur kepemimpinan di DPP Partai Golkar, setelah nantinya dikukuhkan sebagai Ketua Umum yang baru?.

“Saya kira sebuah keharusan nakhoda baru mengganti posisi-posisi kunci guna menyelaraskan irama kepemimpinan. Posisi sekjen (Idrus Marham,red) yang selama ini terkesan membebek terhadap dua ketua umum sebelum Airlangga, harus dicopot,” ujar Ari, Selasa (19/12).

Ari menilai, Airlangga penting menempatkan orang-orangnya pada posisi strategis yang selama ini diisi loyalis Setya Novanto, agar mampu mengendalikan partai berlambang beringin tersebut dengan baik. “?Kemudian kaum progresif muda di Golkar, juga arus diberi tempat untuk orkestrasi kepemimpinan Airlangga. Elite Golkar yang mengisi pos-pos jabatan di kabinet Airlangga harusnya bervisi membawa marwah Golkar yang lebih baik,” ucapnya.

Ari optimistis, jika langkah-langkah pembaruan dilakukan, maka Airlangga bakal mampu membawa Golkar lepas dari keterpurukan. “Apalagi ditambah jejak rekam yang tidak terbebani masa lalu Golkar serta relatif tidak masuk ke dalam faksi-faksi di partai beringin, membuat Airlangga mampu mengatasi turbulensi politik usai kasus Setnov meluluhlantakkan kredibilitas Golkar di mata publik,” pungkas Ari. (boy/gir/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top