Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Pengembangan Ekonomi Sultra Butuh Peran Generasi Milenial

Dokumen Kendari Pos
Salah seorang pedagang bunga di Kota Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Sampai detik ini, peran generasi milenial dalam pengembangan sektor ekonomi Sultra masih sangat minim. Berbanding terbalik dengan kondisi di Pulau Jawa dan daerah lainnya, yang geliat ekonominya sudah mampu dihidupkan oleh generasi yang lahir antara tahun 1980 hingga 2000an ini.

Vice President Academic Indonesia Marketing Association Chapter Kendari, Dr. David Lisapaly mengatakan, sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu yang harus dibangkitkan. Secara detail, di Kota Kendari saja, sektor perdagangan lebih dominan. Jika ditarik sampai ke daerah, maka bisa dilihat sektor pariwisata mulai mendominasi, sementara pariwisata tidak terlepas dari UMKM. “Generasi milenial harus mampu mencari sesuatu yang bisa diperbaharui dan bisa dijalankan dalam jangka panjang,” tegasnya.

Menurut salah satu dosen STIE 66 ini, sektor pertambangan memang menjanjikan. Tapi, itu tidak bersifat jangka panjang. Jika fokus pada sektor pertambangan tentu kurang baik karena lama kelamaan akan habis. Makanya, pembangunan ekonomi yang berkesinambungan menjadi tanggung jawab bersama.

Generasi muda yang jumlahnya jauh lebih besar daripada kaum tua ke depannya akan lebih berperan dalam pembangunan ekonomi Sultra. Generasi milenial inilah yang wajib diberdayakan. Sektor pariwisata dan UMKM harus mampu dikembangkan oleh kaum muda sehingga mereka bisa masuk ke bisnis yang sebenarnya.

Di sisi lain, kontribusi kaum muda dalam sektor pariwisata juga masih kecil, sementara pemerintah juga harus serius mengembangkannya karena sektor ini mudah goyang. Terutama jika berbicara tentang sarana dan prasarana.

“Misalnya transportasi, pemerintah harus dominan dalam menciptakan akses. Beberapa waktu lalu sudah dibuka akses langsung ke Wakatobi, dan kabarnya pemerintah Kabupaten Wakatobi menargetkan 40 ribu wisatawan sepanjang tahun depan. Nah, disinilah celah yang bisa dimasuki dan dikembangkan. Kaum muda harus berkontribusi,” tambah David.

Untuk membangun sektor UMKM sebagai penopang pariwisata, lanjutnya, harus ada komitmen bersama antara pemerintah dan semua pihak terkait. Potensi Sultra sangat luar biasa. Jika UMKM dikembangkan secara serius tentu hasilnya akan berdampak besar bagi bumi anoa. Kini yang muda harus lebih kreatif. (feb/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top