Pariwara
Kolaka Utara

Pengelolaan Terbaik, DD Kolut Bertambah

MUHAMMAD RUSLI/ KENDARI POS
Wabup Kolut, H. Abbas (kedua dari kanan) bersama perangkat OPD dan desa, selasa (19/12)

KENDARIPOS.CO.ID — Disiplin dan etos kerja jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut), khususnya perangkat desa dalam mengelola anggaran dana desa (DD) patut diapresiasi. Pemanfaatan DD di Bumi Patampanua itu dipandang yang terbaik di Sulawesi Tenggara ( Sultra). Klaim tersebut diungkapkan Wakil Bupati Kolut, H. Abbas saat membuka “Bursa Inovasi Desa” dalam rangka peningkatan kreatifitas dan inovasi menuju masyarakat madani di Aula Islamic Centre Masjid Agung Lasusua, Selasa (19/12).

Selain diberi reward dengan waktu pencairan DD percepat, Kolut juga mendapat penambahan anggaran yang akan masuk ke kas 127 desa pada tahun 2018 mendatang. “Kita semua patut bangga karena Kolut dianggap terbaik mengelola dana desa dan saya sangat mengapresiasi,” ujar Abbas di hadapan peserta bursa inovasi desa, selasa (19/12). Dua proses tahapan penyaluran dana dari rekening kas daerah ke desa, menurut Abbas bersaing ketat dengan Kolaka selaku induk kabupaten itu.

Namun dalam penyaluran dana dari RKUD ke RKD tahap dua Kolut justru lebih lihai menyelesaikan proses itu hanya dalam tempo tiga hari. Padahal berdasarkan penegasan Kemenkau bisa maksimal tujuh hari kerja. “Saya pikir proses tidak mengkhianati hasil,” tegasnya. Kinerja pengelolaan DD yang lebih baik itu membawa imbas pada penambahan anggaran yang kemudian mengalir ke kas-kas desa. Tahun ini Kolut setidaknya mengelola DD sebesar Rp 99 miliar. Tahun 2018 nanti akan ada tambahan Rp 7 miliar. Sehingga totalnya berjumlah Rp 106 miliar.

Ini merupakan kabar baik bagi pemerintah di Kolut. Sebab beberapa kabupaten justru mengalami penurunan alokasi DD. “Tantangan ke depan jauh lebih berat. Butuh peran perangkat pemerintahan hingga para pendamping memanfaatkan DD sesuai peruntukannya dan dikelola secara profesional. Saya sampaikan, pembangunan di desa selama ini masih minim inovasi, di tengah potensi yang berlimpah. Kegiatan di desa harus diperkuat dalam menopang kemajuan daerah menuju masyarakat madani,” tegasnya. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top