Imigrasi Kendari Tindak 161 TKA, 20 Orang Dideportasi, Sumbang PNBP Rp 10,2 Miliar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Imigrasi Kendari Tindak 161 TKA, 20 Orang Dideportasi, Sumbang PNBP Rp 10,2 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Sepanjang tahun 2017 ini, Kantor Imigrasi (Kanim) Kendari melakukan 16.082 pelayanan pemberian izin kepada warga Negara Asing (WNA) yang berkunjung di Sultra. Tercatat ada lima negara yang berkunjung di Sultra, yakni Tiongkok, India, Bangladesh, Pakistan dan Thailand. Paling banyak WNA Tiongkok di lihat dari permintaan izin sebanyak 15.950.

Kepala Kanim (Kakanim) Kelas I Kendari, Drs. Adhar membenarkan hal itu. “Jumlah penerbitan izin tinggal keimigrasian (ITK, ITAS dan ITAP) sebanyak 16.082. Layanan yang kami berikan terbanyak kepada WNA Tiongkok. Pemberian pelayanan itu bukan dihitung per orang tapi beberapa kali diberikan layanan,” ujar Adhar, Selasa (19/12).

Selain itu, Adhar juga menguraikan capaian penegakan hukum keimigrasian berupa tindakan administrasi dan pro justitia. Sekira 161 tenaga kerja asing (TKA) yang terkena penegakan hukum. Rinciannya 155 berupa tindakan administrasi dan 6 diantaranya dilakukan tindakan pro justitia (penindakan hukum hingga putusan pengadilan). “Dari jumlah itu ada 20 orang yang di deportasi. Termasuk mereka yang di pro justitia. Untuk tindakan administrasi itu, yakni mereka yang over stay dan diberikan denda,” ungkapnya.

Tak hanya itu, tahun 2017 ini, Kantor Imigrasi berhasil menyumbang pada kas negara berupa penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp 10,2 miliar. Angka tersebut meningkat beberapa persen dibandikan tahun sebelumnya. Tahun lalu, PNBP Kantor Imigrasi Kendari hanya sebesar Rp 9 miliar. “Dengan capaian ini membuktikan bahwa kami terus berbenah untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan negara,” tutup Adhar. (kmr/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top