Pariwara
Metro Kendari

Biaya Lokal Haji Kota Kendari Sudah Cair

KENDARIPOS.CO.ID — Komitmen Pemerintah Kota Kendari untuk selalu ambil bagian dalam pemberangkatan haji setiap tahunnya sudah diwujudkan dalam berbagai bentuk bantuan. Selain memberikan angkutan gratis dengan bus Translulo, Pemkot juga menyiapkan anggaran ratusan juta rupiah untuk mengganti biaya lokal haji bagi para jamaah.

Nah, kali ini dana itu sudah dicairkan oleh Pemkot Kendari dan siap dibagikan ke jamaah melalui Kementerian Agama (Kemenag) kota Kendari. Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Kendari, Marwijid mengungkapkan hal itu. Ditemui di ruang kerjanya kemarin, pria yang baru tiga bulan dilantik menggantikan seniornya H. Sunardin ini mengatakan Pemkot Kendari sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp
271.760.000 untuk mengganti biaya lokal haji. “Sesuai dengan kemampuan daerah kita dibantu Rp 200 juta lebih. Kita sangat bersyukur karena memang tiap tahun pemerintah selalu membantu jamaah,” jelasnya.

Dana itu kata mantan Kepala KUA Puuwatu ini akan dibagi habis kepada 682 jamaah. “Masing-masing jamaah akan mendapat 398 ribu rupiah,” ungkapnya. Kemenag Kota Kendari kata dia sudah berkoordinasi dengan bagian kesejahteraan masyarakat (Kesra) Setda Pemkot Kendari untuk menyalurkan dana itu Kamis (21/12).

Penyaluran itu dirangkaikan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad di lingkup Pemkot Kendari. ” Jadi kami harapkan semua jamaah bisa hadir. Kami sudah undang juga di grup WhatsApp. Mudah-mudahan mereka juga membaca media cetak,” tambah Marwijid. Jika ada jamaah yang berhalangan hadir, dijamin tidak akan kehilangan haknya itu. Sebab, masih bisa diambil di kantor agama. “Tapi sebagai wujud terima kasih kita kepada pemerintah kota, mari kita sama-sama menghadiri acara itu. Ini juga Maulid bukan sekedar kumpul biasa,” tambahnya.

Marwijid menjelaskan biaya ganti akomodasi, transportasi dan konsumsi haji itu baru dicairkan saat ini karena baru dianggarkan dalam APBD Perubahan. Ke depan, pemerintah kota sudah menganggarkannya dalam APBD induk. “Insya Allah, tahun depan bisa kita bagikan sebelum pemberangkatan haji, karena sudah dimasukan dalam APBD 2018,” terangnya. Untuk diketahui, tahun lalu Kota Kendari juga memberikan bantuan yang sama kepada jamaah. Hanya saja jumlah jamaah tahun ini dua kali lipat dari jamaah tahun lalu, sehingga setiap jamaah bisa mendapat Rp 500 ribu. Padahal sejatinya tahun ini anggarannya lebih besar. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top