Space Iklan
Pariwara
Buton Selatan

40 Ribu Warga Busel Masih Pakai KTP Buton

KENDARIPOS.CO.ID — Meski telah tiga tahun menjadi otorita mandiri, namun masih banyak warga di Kabupaten Buton Selatan (Busel) yang tetap menggunakan kartu identitas dari kabupaten induk, Buton. Jumlah pemilik kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) Buton di Busel bahkan mencapai 40 ribu lebih.

Kepala Dinas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Busel, Nadir mengaku, terhambatnya pergantian KTP-el dari Buton ke Busel karena pihaknya belum memiliki blangko. Kepingan KTP-el yang disalurkan pemerintah pusat ke daerah itu hanya 4.000 blangko. Dengan kondisi itu, pihaknya lebih memprioritaskan pembuatan KTP-el pada masyarakat Busel yang baru wajib memiliki identitas kependudukan tersebut.

Sebab pemilik KTP-el pemula sama sekali belum memiliki tanda identitas.
“Kami utamakan warga yang belum sama sekali memiliki KTP. Dalam kondisi tertentu kami akan melayani pergantian KTP. Misalnya untuk keperluan naik haji, pengurusan administrasi masuk PNS atau kepolisian. Untuk pelayanan pada masyarakat, kami juga prioritaskan pada warga yang jauh seperti dari Sampolawa dan Batuatas. Tapi harus bersabar, karena dalam enam hari kerja ini kita sudah bagi waktu,” terangnya, selasa (19/12).

Nadir menjelaskan, sesuai hasil pertemuannya dengan Dirjen Dukcapil di Kementerian Dalam Negeri, persoalan KTP-el akan dituntaskan pada 2018 mendatang. Pasalnya, saat Pilpres 2019 mendatang para pemilih suara sah tidak lagi menggunakan surat keterangan (Suket). “Namun bukan berarti kami tidak lagi menerbitkan Suket. Sebab jangan sampai ada masyarakat yang sudah merekam, namun KTP tak bisa tercetak,” tandasnya. Untuk diketahui, dari 60 ribu lebih masyarakat Busel yang wajib KTP, 40 ribu diantaranya masih tercatat menggunakan identitas dari Buton. (c/m2)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top