Umar Arsal Akui Wawonii Maju Pesat, Bupati Konkep: Pembangunan Dilakukan Skala Prioritas – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Umar Arsal Akui Wawonii Maju Pesat, Bupati Konkep: Pembangunan Dilakukan Skala Prioritas

Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainudin (kedua dari kanan) menyerahkan cinderamata kepada Bupati Konkep H. Amrullah (ketiga dari kanan) usai berdiskusi banyak hal tentang pembangunan daerah di Rujab Bupati Konkep, senin (18/12). Turut hadir dan sempatkan foto bersama anggota DPR RI dapil Sultra Umar Arsal (paling kanan), Danrem 143/Ho Kolonel Arm Dedi Nurhadiman (ketiga dari kiri), Direktur Kendari Pos Onggi Nebansi (kedua dari kiri) dan Muhammad Nasir, Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra (paling kiri). Foto: Mursalin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) mengalami perkembangan yang sangat pesat setelah empat tahun memisahkan diri dari Kabupaten Konawe. Pembangunan infrastruktur terus dilakukan agar daerah yang dikenal dengan nama Pulau Wawonii mampu setara dengan daerah lainnya. Hal tersebut sangat terasa setelah Wawonii otonom dan memiliki bupati dan wakil bupati definitif meskipun baru dilantik tahun 2015 lalu.

Kemajuan Konkep mendapat pengakuan dari anggota DPR RI dapil Sultra, H. Umar Arsal. “Ini sangat luar biasa perkembangannya. Tujuh tahun lalu, saat Wawonii belum mekar, untuk ke sini saya harus tiga kali naik kapal. Akses jalan sangat sulit,” ungkap Umar Arsal saat silaturahmi di Rujab Bupati Konkep, senin (18/12).

Silaturahmi di Rujab Bupati Konkep dihadiri Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin, Direktur Onggi Nebansi dan jajaran manajemen Kendari Pos yang diterima langsung oleh Bupati Konkep H Amrullah. Hadir pula anggota DPR RI Umar Arsal dalam pertemuan tersebut. Tak lama kemudian, hadir pula Komandan Korem 143 Ho Kolonel Arm Dedi Nurhadiman bersama rombongan. Diskusi mereka terkait kemajuan Konkep makin berkembang sebelum rombongan menuju lokasi pencetakan sawah.

Umar Arsal menambahkan, kebersamaan dan keinginan masyarakat Wawonii untuk memajukan daerahnya sangat besar. Jika ditinjau dari aspek infrastruktur saat itu (sebelum mekar, red), lebih layak Kabaena duluan mekar. Namun, Kabaena terkendala dengan kabupaten induk (Bombana) yang juga dianggap baru otonom dari Kabupaten Buton sehingga pemekaran Kabaena harus menunggu. Sekarang, pemerintah pusat sedang melakukan moratorium pemekaran.

“Jika melihat Konkep sekarang, itu jauh lebih baik dibanding beberapa daerah lainnya yang juga sama-sama mekar. Perkembangannya sangat luar biasa. Akses transportasi sudah mudah. Beberapa ruas jalan juga sudah diaspal,” ungkap legislator usungan Partai Demokrat itu. Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin menambahkan, nilai tambah dari pemekaran tak hanya mendekatkan pelayanan pada masyarakat, tapi juga perhatian terhadap pembangunan daerah akan terfokus. Tahun 2016, tim direksi dan manajemen Kendari Pos melakukan kunjungan perdananya ke Konkep. “Kemajuannya sangat jauh berbeda. Tahun lalu, listrik belum ada. Sekarang, masyarakat sudah bisa menikmati listrik 24 jam,” akunya.

Begitu pula pembangunan infrastruktur jalan. Kata dia, meskipun belum semua daerah tersentuh aspal, namun sebagian wilayah sudah merasakannya. Perluasan jalan terus dilakukan. Daerah-daerah terisolir juga sudah dibuatkan akses sehingga mobilitas masyarakat semakin lancar. “Ini kalau tidak mekar, tidak akan diperhatikan pembangunan objek wisata Pantai Kampa. Dulunya mungkin terisolir, sekarang mobil sudah bisa masuk. Kemajuannya sangat luar biasa,” jelasnya.

Bupati Konkep H Amrullah mengungkapkan, meskipun masih terbatas anggaran yang dimiliki daerah, namun semangat membangun dan memajukan Konkep terus dilakukan. Perhatian terhadap daerah-daerah yang butuh penanganan cepat mendapat respon lebih dulu. “Kami melakukan pembangunan dengan skala prioritas. Anggaran yang terbatas membuat kami harus memikirkan dan memperhatikan hal-hal yang perlu diprioritaskan,” ujar H Amrullah.

Tak hanya pembangunan infrastruktur, kata dia, yang terus dikembangkan. Amrullah juga memacu produktivitas pertanian. “Sekarang, saya bersama pak Danrem dan pak Umar Arsal akan meresmikan cetak sawah seluas 100 hektarare di Desa Wungkolo Kecamatan Wawonii Tengah,” katanya.

Selain pertanian, potensi wisata Pulau Wawonii cukup besar. Panorama alamnya sangat eksotik. Tak hanya wisata pantai, termasuk wisata alam lainnya. “Beberapa komunitas ikatan alumni tertarik berwisata ke Konkep. Termasuk angkatan Fakultas Teknik UII (Universitas Islam Indonesia) tahun 1984. Mereka mau reunian di Konkep,” terangnya. Amrullah bersama wakilnya Andi Muhammad Lutfi berkomitmen akan terus memberikan yang terbaik untuk kemajuan Konkep. Bupati pun berterima kasih kepada Harian Kendari Pos yang terus memberikan dukungan terhadap pembangunan dan kemajuan Konawe Kepulauan. (b/san).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top