Pariwara
Muna Barat

Terminal Bandara Sugimanuru di Mubar Dioperasikan

KENDARIPOS.CO.ID — Peningkatan infrastruktu bandar udara (Bandara) Sugimanuru di Muna Barat terus dilakukan. Terbaru, gedung terminal Bandara akhirnya rampung dari diresmikan Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan RI, Bintang Hidayat, Senin (18/12). Bangunan seluas 456 meter tersebut menghabiskan dana Rp 2,1 miliar yang dialokasikan melalui APBN. Kapasitas ruang tunggu tersebut dapat menampung hingga 70 orang.

“Semoga dengan peresmian terminal Bandara ini pelayanan transportasi udara semakin baik. Sehingga pertumbuhan ekonomi yang ada di Mubar makin maju. Ke depan, kami juga berharap, Bandara Sugimanuru bisa melayani rute lain. Selain Makassar, saya rasa sudah bisa melayani rute seperti Ambon dan Kalimantan,” katanya, senin (18/12).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) diharapkan membuka koneksi baru dengan provinsi lain. “Ini adalah sebuah terobosan yang baik dan sangat berpotensi untuk dilandasi pesawat boeing. Kami akan bahas soal rencana penambagan run way sehingga pesawat kapasitas besar seperti boeing juga bisa masuk di Sugimanuru,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Mubar, LM Rajin Tumada mengatakan pelayanan penerbangan di Bandara Sugimanuru semakin baik. Dengan begitu, ia yakin dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada di otoritanya. Agar arus lalu lintas menuju Bandara lancar, pihaknya terus berupaya membenahi infrastruktur jalan. Pasalnya, penumpang yang memanfaatkan Bandara Sugimanuru berasal dari Mubar, Muna, Buton Tengah, Bombana dan Konawe Selatan.

“Karena akses menuju Bandara dari Bombana dan Konsel lebih dekat di Bandara Sugimanuru. Demikian pula dengan Buteng. Karena itu, ini menjadi peluang untuk pertumbuhan ekonomi Muna Barat. Kami berharap, Kementerian Perhubungan juga dapat mengucurkan dana untuk penambahan run way agar pesawat boeing bisa masuk Mubar,” ungkap Rajiun.

Kepala Unit Penerbangan Bandara Sugimanuru, Muhammad Sabu menjelaskan, saat ini sudah dua maskapai penerbangan yang ada yakni Wing Air dan Garuda Indonesia. “Dengan adanya terminal Bandara baru ini, pelayanan dapat semakin baik. Pekerjaan rehabilitasi ruang tunggu ini dikerjakan sejak April dan selesai pada November lalu,” tandasnya. (b/yaf)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top