Pariwara
Konawe Utara

Penerima Rastra Konut Berkurang

KENDARIPOS.CO.ID — Jatah penerima beras sejahtera (Rastra) di Konawe Utara (Konut) mengalami penurunan setiap tahun. Dari tahun 2016 penerima jatah logistik itu sebanyak 3.410 rumah tangga sasaran (RTS). Sementara pada tahun 2017 jumlah RTS penerima mengalami penurunan menjadi 3.065 orang. Artinya, ada pengurangan 345 RTS. Hal itu diungkapkan Kabag Administrasi Ekonomi Pemkab Konut, Syahruddin, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/12).

“Dengan berkurangnya penerima Rastra, ini membuktikan jika kesejahteraan masyarakat Konut mulai mengalami peningkatan,” klaim Syahruddin. Mantan Sekcam Lampeapi, Konawe Kepulauan itu menambahkan, untuk penerima beras sejahtera pada tahun depan masih akan mengacu pada kuota 2017. Namun sebelumnya akan dilakukan monitoring dan evaluasi sambil melakukan validasi data terlebih dahulu.

Dia menambahkan untuk tahun 2018 nanti, kemungkinan Rastra berubah menjadi bantuan sosial pangan beras sejahtera yang disalurkan pada keluarga penerima manfaat sebanyak 10 kilogram perbulan dengan kualitas medium. Perubahan nama itu berdasarkan surat Mendagri nomor 511.1/9087/SJ perihal pelaksanaan program Rastra dan BPNT 2018.

“Bantuan sosial pangan non tunai (BPNT) akan disalurkan melalui kartu keluarga sejahtera (KKS) pada keluarga penerima manfaat (KPM). Nantinya BPNT penyalurannya akan berbentuk outlet yang tidak hanya dilayani untuk beras. Tetapi sudah berbentuk sembilan bahan pokok. Outletnya itu akan disosialisasikan terlebih dahulu titiknya berdasarkan agen penjual bahan pangan yang sudah bekerja sama dengan bank penyalur,” urai Syahruddin. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top